KSAT UGM Perkenalkan Seni Terrarium pada Masyarakat Yogyakarta

55

BALIPORTALNWES.COM – Kelompok Studi Arsitektur Taman (KSAT) Fakultas Biologi UGM menyelenggarakan workshop pembuatan terrarium yang diperuntukkan bagi masyarakat Yogyakarta, Sabtu (14/4/2018) lalu di Taman pintar Yogyakarta.

“Workshop ini merupakan salah satu acara rutin KSAT yang diadakan setiap tahun sebagai sarana penyebarluasan informasi ke masyarakat yang ingin mengetahui lebih dalam tentang pembuatan terrarium,” jelas Ketua KSAT Fakultas Biologi UGM, Jundi Faaris Alhazmi Ashshidiq.

Penyelenggaraan workshop berlangsung dalam dua sesi diisi dengan pelatihan membuat terrarium menggunakan media pasir, batu, tanah, serbuk kayu, dan penanaman lumut. Menghadirkan pemateri Sidiq Permana Putra, S.Si., M.Sc.,( alumni KSAT) ,Chlarissa Bella Asy Syifa (Biologi 2014) serta berkolaborasi dengan Endra A. Winata (lulusan Institut Seni Indonesia pemilik dari Taman Kecil).

Sebelum melakukan praktik pembuatan terrarium, para peserta mendapatkan materi tentang tumbuhan lumut, habitat dan jenisnya, serta jenis lumut yang direkomendasikan untuk terrarium. Disamping diberikan penjelasan cara-cara pembuatan terraium, dalam workshop tersebut juga disampaikan cara perawatan terrarium.

“Para peserta diberikan kesempatan untuk membuat terrarium sesuai dengan kreativitas masing-masing yang dipandu oleh pemateri dan juga panitia,” tuturnya.

Workshop pembuataan terrarium kali ini mendapatkan respon yang cukup positif dari masyarakat Yogyakarta. Setidaknya tidak kurang dari 70 peserta dari berbagai kalangan dan beragam usia cukup antusias mengikuti pelatihan yang diselenggarakan Fakultas Biologi UGM bersama Taman Pintar Yogyakarta ini. (ika/humas-ugm/bpn)