Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Untuk keberhasilan proses pendidikan di sekolah diperlukan adanya kesatuan pandangan atau tinjauan yang sama dari seluruh warga sekolah, mengenai eksistensi sekolah sebagai lembaga atau lingkungan pendidikan yang dapat menjamin dan menyelenggarakan seluruh proses pendidikan di sekolah. Kesatuan pandangan ini adalah wawasan wiyata mandala.

“Wawasan wiyata mandala diartikan sebagai suatu pandangan atau tujuan mengenai lingkungan pendidikan/pengajaran. Sekolah merupakan wiyata mandala berarti bahwa sekolah adalah lingkungan pendidikan,” kata Kabid Pembinaan Pendidikan SMP Disdikpora Kota Denpasar, Wayan Supartha, Senin (11/9/2017).

Baca Juga :  Dealer Asia Motor Jalin Keakraban Konsumen Lewat “Stylo Fashion Ride”

Mewujudkan sekolah berwawasan wiyata mandala, Disdikpora melaksanakan penilaian di sejumlah SMP di Denpasar. Di antaranya, di SMP Dharma Praja, SMP Tunas Daud Denpasar, SMP Santo Yoseph, SMP Harapan dan SMP Taman Rama Denpasar.

Penilaian ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengelolaan sekolah guna mengetahui sejauh mana keberhasilan sekolah dalam menciptakan anak didik yang berprestasi diberbagai bidang.

“Beberapa aspek penilaian yang dinilai dalam lomba wawasan wiyata mandala ini meliputi aspek penataan lingkungan sekolah, aspek administrasi sekolah dan aspek pendidikan dan ekstrakulikuler sekolah,” jelasnya.

Menurut Supartha, wawasan wiyata mandala merupakan salah satu unsur untuk memotivasi sekolah dalam rangka meningkatkan prestasi dan keberhasilan sekolah. Selain itu, semangat kebersamaan seluruh dewan guru, komite dan para siswa ini diharapkan tetap dipertahankan.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News