HUT Ke-57 SMAN 1 Denpasar, Perkokoh Jati Diri Jadi Barometer Pendidikan di Bali

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Puncak HUT ke-57 SMAN 1 (Smansa) Denpasar dilaksanakan, Selasa (8/8/2017). Kali ini, puncak HUT digelar sederhana di aula sekolah, walau demikian tetap mengundang mantan kasek, guru yang sudah pensiun, komite, dan siswa yang sukses meraih juara.

Puncak HUT ditandai dengan pemotongan tumpeng ulang tahun oleh Kepala SMAN 1 Denpasar, Drs. Nyoman Purnajaya, M.Pd., diserahkan kepada Kepala UPT Disdik Bali di Kota Denpasar, Dewa Ayu Eka Putri Kariini. Acara juga dihadiri Sekretaris Komite AA Anom Masta. Saat itu juga dilakukan penyerahan piala kepada peraih juara lomba ekstern.

Kepala SMAN 1 Denpasar, Nyoman Purnajaya,  mengungkapkan, walau perayaan HUT ke-57 Smansa dilaksanakan secara sederhana, ia ingin civitas akademika Smansa tetap solid dan perkokoh diri menjadi barometer pendidikan di Bali. Ini sesuai dengan tema HUT ‘’Kita tingkatkan kualitas SDM unggul dalam mutu berbudaya, peduli lingkungan dan berwawasan global’’.

Siswa Smansa diharapkan Purnajaya tak hanya cerdas intelektual, juga cerdas emosional, sosial dan lainnya. Siswa kreatif mampu menciptakan hal baru, dan sikap bertanggung jawab yang datang dari dalam diri sendiri.

Sementara melalui berbagai kegiatan serangkaian HUT, dikatakan Purnajaya membangun jiwa kompetitif dan kolaborasi. Jiwa kompetitif diimplementasikan lewat lomba-lomba akademik maupun non akademik yang melibatkan  siswa SMP se-Bali.

Semua jenis ekstrakurikuler melakukan kegiatan untuk menjaring  calon input terbaik bagi Smansa, sekaligus sebagai ajang untuk menguji  pembinaan berbagai lomba akademis dan non akademis di tingkat SMP.

Sementara kolaborasi diterjemahkan dalam bentuk kegiatan sosial berupa donor darah, aksi kebersihan, kunjungan ke panti jompo dan lainnya. Kegiatan kaloborasi ini diharapkan Purnajaya bisa terus dilanjutkan untuk menanamkan pendidikan karakter.

Di acara itu, Purnajaya juga memaparkan prestasi yang diraih Smansa. Tahun ajaran 2017 ini anak-anak Smansa mampu melahirkan ratusan juara dan piala di berbagai event tingkat Bali, nasional dan internasional.

Prestasi teranyar meraih penghargaan Adiwiyata dan sekolah berintegritas penyelenggaraan UN. Tim Marching Band (MB) Swara Smansa Manggala Dara meraih juara umum I Langgam Indonesia 2017.

Selain itu, siswa Smansa juga meraih dua medali emas di Olimpiade Sains tingkat nasional di Riau. Dalam pelaksanaan UN, Smansa meraih rata-rata NUN terbaik di Bali di bidang MIA dan sosial. Juga sukses mempertahankan juara umum Porsenijar Kota Denpasar, serta sejumlah prestasi lainnya.

Purnajaya didampingi  Waka Manajemen Mutu, Drs. I Gede Sugita, M.Pd.; Waka Kurikulum, Cok.Anom Wiratmaja, S.Pd.,M.Pd.; Waka Kesiswaan, Drs. Ketut Loper Winartha, M.Pd.; Waka Humas, Drs. I Wayan Suartha dan Waka Sarana Prasarana Drs. Dewa Gde Mertha, M.Pd., mengaku banggga anak-anak, guru dan karyawan SMAN 1 Denpasar tampil kompak dalam setiap event yang digelar. Walau disadari dari segi pendanaan anggaran sekolah saat ini harus bersandar pada asas logis, karena tak ingin berbenturan dengan Permendikbud dan Permendagri.

Kerjasama ini, sambung Purnajaya menunjukkan kuatnya soliditas dan solidaritas warga Smansa dalam menyukseskan program Smansa. Bagi dia, kuatnya soliditas dan solidaritas warga Smansa ini  sebagai modal untuk melahirkan prestasi ke depan.

Sekretaris Komite AA Anom Masta, juga mengakui kesuksesan Smansa dalam akademik dan non akademik patut disyukuri. Itu semua berkat kerja keras guru dan siswa serta civitas akademik lainnya.

Karenanya, Anom Masta juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat dan pemerintah yang telah mendukung kegiatan Smansa. Komite sekolah, kata dia, mendukung langkah Smansa untuk terus maju dan menjadi barometer pendidikan di Bali.

Kepala UPT Disdik Bali di Kota Denpasar, Dewa Ayu Eka Putri Kariini, memuji Smansa yang bertabur prestasi. Ia mengakui prestasi itu perlu ditingkatkan lagi lewat kerja keras dan kerjasama yang baik. Dengan demikian Smansa akan terus menjadi kebanggaan masyarakat dan pemerintah karena unggul dalam mutu, berbudaya, berwawasan global dan berkarakter. (tis/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :