Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Serangkaian memperingati hari lahir Pancasila sebagai dasar negara, Kodim 1619/Tabanan menyelenggarakan Pekan Pancasila. Kegiatan tersebut berlangsung di Wantilan TPB Margarana, Banjar Kelaci, Desa Marga Dauh Puri, Kecamatan Marga, Selasa (6/6/2017).

Dalam kegiatan tersebut, Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf. Herwin Gunawan, S.E., Msi. memberikan ceramah pemantapan nilai-nilai wawasan kebangsaan kepada siswa siswi SMPN 3 Tabanan. Materi yang disampaikan, antara lain tentang Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, serta tentang proxy war.

Selain Dandim Tabanan, dalam acara tersebut juga dihadiri Pasiopsdim 1619/Tabanan Kapten Inf. Wayan Supardi, para danramil jajaran Kodim 1619/Tabanan, dan 304 siswa-siswi SMPN 3 Tabanan.

Rangkaian kegiatan tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Lanjut penyampaian materi tentang Pancasila oleh Danramil 1619-01/Tabanan Kapten Inf. T. Yuda Wicaksono, materi tentang UUD 1945 oleh Danramil 1619-02/Selemadeg Kapten Inf. Nengah Sudiana. Sementara pengarahan dari Dandim Tabanan tentang empat konsensus kebangsaan, yakni NKRI, UUD 1945, Pancasila, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Baca Juga :  Purnama Sasih Jiyestha, Bupati Tabanan Sembahyang Bersama di Padmasana Kantor Bupati dan Pura Luhur Batukau

Kegiatan tersebut juga diisi dengan latihan permainan outbond. Antara lain berupa PBB, permainan tongkat estafet, hulahop, bola tali, permadani terbang, water estafet, dan buldozer.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kembali rasa nasionalis bagi generasi muda, yang akhir-akhir ini mulai pudar. Hal ini disebabkan karena kurang wawasan generasi muda terhadap Pancasil  dan UUD 1945, terutama nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila,” tandas Letkol Herwin Gunawan. (ita/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News