Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Sebanyak 111 mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) mengikuti seleksi internal dlaam persiapan menghadapai Olimpiade Nasional MIPA (ON-MIPA). Seleksi dilakukan pada Minggu, 26 Februari 2017 di Fakultas Hukum UGM.

Seratus sebelas mahasiswa tersebut mengikuti seleksi yang terbagi dalam empat bidang ON-MIPA yaitu biologi, fisika, kima, serta matematika. Dalam bidang biologi diikuti 36 orang, fisika 29 orang, matematika 24 orang, dan kimia 22 orang. Melalui seleksi ini nantinya akan dipilih tujuh mahaisswa terbaik dari masing-masing bidang untuk mengikuti seleksi di tingkat regional pada 22-23 Maret mendatang.

Baca Juga :  Sirkuit Mandalika Gelar JDM Run 2024, Terbesar di Indonesia

Kasubdit Kreativitas Mahasiswa, Ahmad Agus Setiawan, S.T., M.Sc., Ph.D., mengatakan seleksi dilakukan tidak hanya dimaknai sebagai kompetisi. Namun, ajang ini juga sebagai proses untuk maju bersama dalam sebuah ikatan kekeluargaan, yakni di Komunitas ON MIPA.

Agus berharap nantinya dari seleksi ini diperoleh perwakilan UGM yang dapat bersaing di tingkat regional dan nasional. Bahkan dapat berlaga mewakili Indonsia di tingkat internasional.

“Harapannya semangat internasionalisasi juga menular pada komunitas ON MIPA. Tidak hanya matematika saja yang lolos ke internasional tetapi juga tiga bidang lainnya,” harapnya.

Pada tahun 2016 lalu UGM berhasil meraih 17 medali di ON MIPA tingkat nasional. Jumlah tersebut terdiri dari 2 medali emas, 6 perak, dan 7 perunggu ditambah 2 honourable mention (HM). Selain itu, UGM berhasil menjadi juara umum di OSN Dikpora DIY dengan menyabet 7 dari 12 medali yang diperebutkan, yaitu 3 medali emas, 1 perak, dan 3 perunggu.

Baca Juga :  Periode Lebaran, Penjualan Honda di bulan Maret 2024 Meningkat 19 Persen

Sementara di level internasional, tiga mahasiswa UGM terpilih mewakili Indonesia di International Mathematic Competition di Bulgaria. Ketiganya membawa pulang tiga medali dengan rician 2 medali perunggu dan 1 honourable mention. (ika/humas-ugm/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News