PILKADA
Sinergi Pers dan Stakeholder Untuk Membangun Pemilukada Berkualitas. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Peran media massa atau pers dalam mendukung pelaksanaan Pemilukada nanti sangatlah penting sebagai corong informasi serta pembelajaran kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan langsung Kepala Badang Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bali, I Gusti Ngurah Wiryanata saat membacakan sambutan Pj Gubernur Bali pada kegiatan diskusi serangkaian peringatan Hari Pers Nasional yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bali, bertempat di Gedung PWI Bali, Denpasar, Sabtu (29/6/2024).

Kegiatan yang mengambil tema ‘Pers Berintegritas, Pilkada Berkualitas’ mengundang narasumber yang berkompeten dalam mendukung pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) nantinya seperti Ketua KPU Provinsi Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan, Ketua Bawaslu Provinsi Bali, I Putu Agus Tirta Suguna, serta Kapolda Bali yang di wakili Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan.

Lebih lanjut Kaban Wiryanata menerangkan dalam menyukseskan Pemilukada seluruh stakeholder dan peran aktif masyarakat dengan memantapkan konsep ngerombo, bahu membahu dan memainkan peran sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

Baca Juga :  Pj Bupati Buleleng Tekankan Kolaborasi dalam Program Percepatan Akses Keuangan Daerah

“Hal tersebut sangat diperlukan untuk mewujudkan Pemilukada serentak yang berkualitas dan bermartabat,” imbuhnya.

Berkaca dari pelaksanaan Pemilu lalu yang lancar dengan dukungan partisipasi masyarakat Bali yang sangat baik sehingga bisa melebihi target nasional yaitu 83,34% dan penyelanggarannya tanpa ada sengketa.

Kaban Wiryanata menambahkan jika terdapat 4 faktor kunci kesuksesan terselenggaranya Pemilukada nanti yaitu faktor penyelenggara, faktor peserta Pemilukada, faktor Pemilih yang berintegritas, faktor stakeholder lain yang harus menjaga netralitasnya.

“Mari kita saling menjaga kerukunan dan mengedepankan nilai-nilai Pemilukada yang adil dan transparan,” tutupnya.

Baca Juga :  Bangun Komunikasi, Jejaring dan Relasi dalam Aksi Sosial, BSC Gelar Live Discussion Project

Untuk diketahui dalam kegiatan tersebut hadir Penjabat Bupati Buleleng yang dalam hal ini di wakili oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Kominfosanti) Buleleng, Ketut Suwarmawan serta perwakilan dari PWI Kabupaten Buleleng. (adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News