JOB FAIR KARANGASEM
Minim Pelamar, Job Fair Karangasem Sediakan 2.281 Lowongan Kerja. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Job Fair yang diselenggarakan oleh Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Karangasem di Taman Jagat Karana, Jalan Veteran, Amlapura, Kamis (27/6/2024), diikuti oleh belasan perusahaan yang membuka berbagai lowongan pekerjaan bagi warga Karangasem. Total ada 18 perusahaan yang terlibat, menyediakan sekitar 2.281 lowongan pekerjaan di sektor pariwisata, niaga, industri, pertanian, serta peluang kerja di luar negeri seperti di Jepang dan kapal pesiar.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Karangasem, Ida Nyoman Astawa, menyatakan bahwa sekitar 70 persen dari total lowongan yang tersedia ditujukan untuk pekerjaan di luar negeri, baik di laut maupun darat, seperti di kapal pesiar, sektor industri, pertanian, dan jasa.

Baca Juga :  Dinkes Karangasem Tegaskan Warga Sibetan Meninggal Bukan Karena Meningitis

“Dari total lowongan yang disediakan, sekitar 70 persen adalah untuk bekerja di luar negeri, baik di laut maupun darat, termasuk kapal pesiar, sektor industri, pertanian, dan jasa,” ujar Astawa kepada wartawan.

Sayangnya, antusiasme pelamar dalam Job Fair ini terbilang minim. Hingga menjelang siang, baru sekitar 40 curriculum vitae (CV) yang masuk, dan itupun sebagian besar telah dikirim sebelum acara Job Fair dimulai. Padahal, harapan besar melalui Job Fair ini adalah untuk menyerap tenaga kerja di Karangasem dan menekan angka pengangguran di wilayah tersebut.

Baca Juga :  Demokrat Siap Tampil Dominan di Pilkada Karangasem, Koalisi Biru Makin Kuat

Kurniawan, salah satu penjaga stan perusahaan yang berpartisipasi dalam Job Fair, mengungkapkan bahwa sejak pagi hari, hanya ada dua pelamar yang datang ke stannya. Bahkan, pihaknya harus mendatangi pelamar untuk menawarkan lowongan pekerjaan. Perusahaannya membuka sekitar delapan lowongan pekerjaan dengan posisi seperti durable sales agent, sales promotor girl, channel business development, sales officer mobile, sales officer, hingga problem account officer yang akan ditugaskan di Kabupaten Karangasem.

“Hanya dua yang melamar, dan itupun kami datangi agar mau singgah ke stand. Sejak pagi memang hanya sedikit pelamar yang datang, kemungkinan karena kurang sosialisasi, sehingga banyak yang belum tahu. Perusahaan kami membuka delapan lowongan, nantinya akan ditugaskan di cabang Karangasem,” kata Kurniawan.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News