BALIPORTALNEWS.COM – Rektor Universitas Padjadjaran secara resmi meluncurkan aplikasi mobile TSCDC (Tracer Study & Career Development Center) Unpad di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur Nomor 35 Bandung, Senin (19/11/2018). Aplikasi ini merupakan salah satu upaya Unpad dalam menjembatani para alumninya dengan berbagai pelaku industri dan usaha.

Peluncuran tersebut dilakukan Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad, didampingi Director of Human Capital Management (HCM) Telkomsel Irfan A. Tachrir dan Kepala Kantor Tracer Study dan Career Development Center Unpad Dr. Rosaria Mita Amalia, M.Hum. Acara tersebut juga dihadiri sejumlah pimpinan universitas dan fakultas di lingkungan Unpad.

Selain untuk menjembatani alumni Unpad dengan berbagai pelaku industri dan usaha, Rektor mengungkapkan bahwa aplikasi tersebut juga berguna untuk meningkatkan kapasitas pendidikan Unpad. Menurut Rektor, aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengevaluasi kurikulum di lingkungan Unpad, khususnya fakultas, dengan meningkatkan kepekaan pada kebutuhan di dunia kerja.

“Launching ini sebetulnya menjadi fasilitas kuat untuk faculty member,” ujar Rektor.

Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan melalui aplikasi TSCDC adalah mengenai perkembangan aspek karakter darisocionetwork tersebut. Pendidikan karakter, menurut Rektor merupakan salah satu peran dari setiap lembaga pendidikan, termasuk lembaga pendidikan tinggi.

“Pertama, faculty member harus dapat memanfaatkan ini untuk meng-upgrade substansi dari akademiknya. Yang kedua, bagaimana dengan fasilitas ini meng-upgrade juga karakter dari para mahasiswanya,” tutur Rektor.

Aplikasi TSCDC Unpad dapat diunduh melalui Google Play Store dengan mengisi data diri. Selain informasi lowongan kerja, aplikasi tersebut juga menyajikan informasi lowongan magang, beasiswa, dan sejumlah pelatihan.

Dalam mengembangkan aplikasi tersebut, TSCDC menggandeng Telkomsel sebagai mitra. Direktur HCM Telkomsel Irfan A. Tachrir mengungkapkan bahwa upaya Unpad dalam melakukan Tracer Study dan pengembangan karir melalui aplikasi digital sangat sesuai dengan program yang saat ini dijalankan Telkomsel. Irfan juga berkomitmen untuk terus mendukung upaya Unpad mengembangkan platform digital. (humas-unpad/bpn)