BALIPORTALNEWS.COM – Program Studi di Luar Kampus Utama Universitas Padjadjaran di Pangandaran bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pangandaran menggelar lomba lari maraton bertajuk “Pangandaran Run 2018” yang digelar di area Pantai Wisata Pangandaran, Sabtu (24/11/2018) kemarin pagi.

Ketua pelaksanan kegiatan Anggi Nugraha mengatakan, lomba lari maraton kategori 5 dan 10 kilometer ini diikuti oleh 964 peserta. Pelepasan lomba maraton 10 km dilakukan oleh Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad dan Asisten II Pemkab Pangandaran Ade Supriatna. Sementara pelepasan lomba maraton 5 km dilakukan Kepala PSDKU Unpad Pangandaran Dr. Bambang Hermanto.

“Dalam lomba ini, terdapat peserta termuda dengan usia 12 tahun dan tertua di atas 60 tahun,” kata Anggi.

Saat memberikan sambutan usai perlombaan, Rektor mengatakanlomba maraton “Pangandaran Run 2018” digelar sebagai upaya mendukung Pangandaran menjadi destinasi wisata kelas dunia. “Unpad mendukung penuh kemaslahatan untuk Pangandaran. Inilah salah satunya upaya Unpad hadir di Pangandaran,” kata Rektor.

Lebih lanjut Rektor mengatakan, lomba yang perdana digelar ini diharapkan menjadi agenda tahunan PSDKU Unpad Pangandaran. Ia juga berharap acara “Pangandaran Run” tahun depan bisa diikuti oleh pelari mancanegara.

Selain lomba lari maraton, “Pangandaran Run” juga menampilkan pemecahan rekor Muri untuk sajian pindang gunung terbanyak. Sebanyak 2018 pindang gunung disajikan dalam perlombaan tersebut. Pindang gunung sendiri merupakan kudapan khas dari Kabupaten Pangandaran.

”Sajian ini dimasak oleh para ibu PKK dari 10 kecamatan di Kabupaten Pangandaran,” kata Anggi.

Sementara itu Bupati Pangandaran H, Jeje Wiradinata mengapresiasi digelarnya lomba lari maraton dan pemecahan rekror Muri untuk sajian pindang gunung. Pemecahan rekor ini sekaligus mengangkat kuliner khas Pangandaran menjadi lebih dikenal masyarakat.

Acara dimeriahkan dengan penampilan seni dan pembagian doorprize. Adapun juara lomba maraton ini berhak mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 7,5 juta rupiah untuk juara satu, Rp 5 juta rupiah untuk juara dua, dan Rp 3 juta rupiah untuk juara tiga. (humas-unpad/bpn)