Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2017 hari pertama, Senin (17/4/2017) di SMPN 3 Denpasar, berjalan tertib dan lancar.

SMPN 3 Denpasar, ada 341 siswa yang tengah menjalani USBN. Mereka terbagi dalam 18 ruangan ujian. Pelaksanaan USBN di sekolah ini juga sangat ketat.

Selain diawasi dua guru pengawas pada setiap ruangan, tas siswa juga ditaruh di luar kelas. Tak kalah pentingnya, sekolah juga memasang spanduk ‘’Saya mengerjakan ujian sekolah, USBN dan UNBK dengan jujur’’.

“Sekolah kami mengedepankan integritas dan kejujuran. Untuk apa nilai anak didik kami tinggi, tapi tak punya integritas apalagi kejujuran?” kata Kepala SMPN 3 Denpasar, Wayan Murdana.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Gelontor Rp3,2 Miliar Sukseskan PKB XLVI, Terjunkan 21 Duta Kesenian

Pendidikan akan integritas dan kejujuran kepada siswa, sambungnya, jauh lebih penting ketimbang perolehan nilai siswa dalam ujian karena hal itu menyangkut nilai-nilai keluhuran manusia.

Sekolah yang tahun sebelumnya telah diakui pemerintah dalam hal integritas UN, tetap berambisi mempertahankan sekolah berintegritas. Berbagai upaya pun dilakukan, salah satunya dengan makin mendekatkan hubungan antara guru dan siswa didik, termasuk guru dan orangtua murid.

“Peran guru harus dekat dengan siswa dan orangtua siswa karena sekolah bertugas mendidik manusia dari berbagai aspek yang menjadikan mereka penerus bangsa yang memiliki nilai luhur. Jika komunikasi antara guru dan siswa, bersama orang -tuanya juga tinggi, di situ akan lahir integritas dan kejujuran bersama. Semua pihak akan malu untuk berbuat curang,” pungkas Murdana. (tis/bpn)


Pantau terus baliportalnews.com di :

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News