BALIPORTALNEWS.COMBupati Badung I Nyoman Giri Prasta menutup Festival Seni dan Budaya Kabupaten Badung ke-10 tahun 2016 dan melakukan pengukuhan Listibiya (Majelis Tinggi Pertimbangan Kebudayaan) Kabupaten Badung serta melakukan pemotongan tumpeng dalam rangka HUT Mangupura ke-7 tahun 2016.

Turut hadir Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Ketua DPRD I Putu Parwata, Sekretaris Daerah Kabupaten Badung Kompyang R. Swandika, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Ny. Seniasih Giri Prasta, Ny. Kristiani Suiasa, Ny. Suartini Parwata, beserta Ny. Kompyang Swandika, para Pimpinan SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung, para Camat se-Kabupaten Badung, Lurah/Perbekel dan Bendesa Adat se-Kabupten Badung, bertempat di Jaba Sisi Pura Lingga Bhuwana Pusat Pemerintahan Mangupraja Mandala. Rabu (16/11/2016) lalu.

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dalam sambutannya menyampaikan, apresiasi yang setinggi-tingginya atas pelaksanaan Festival Seni dan Budaya yang ke-10 di Kabupaten Badung dan peringatan HUT Mangupura ke-7. Banyak program penting yang akan dilaksanakan dan yang pertama telah memiliki Listibiya, karena membangun agama, adat dan seni melalui budaya.

“Kerangka pembangunan di Kabupaten Badung kedepannya mulai tahun 2016-2021 pasti dengan pondasi budaya,” jelasnya.

Disamping itu di Kabupaten Badung telah melaksanakan pengarusutamaan kebudayaan yang memiliki tujuan setiap pembangunan di Kabupaten Badung filosifinya budaya, jadi karakteristik Badung dan Bali adalah budaya. Dengan adanya gabungan tokoh adat, tokoh budaya dan tokoh seni dalam tatanan Listibiya, dapat menambah semangat kita bersama yang akan mengembalikan kepada sejarah Bali.

Listibiya juga diharapkan dapat memberikan ide dan gagasan karena saat ini Pemerintah telah melakukan Detail Engenaring Design (DED) yang akan menyuguhkan adat, seni dan budaya di Kabupaten Badung dengan membangun Panggung Pemuda Budaya yang kedepannya dapat dimanfaatkan dalam pelaksanaan Festival Seni dan Budaya sehingga tidak dilaksanakan di ruangan terbuka seperti ini dengan kafasitas 2.500-3.000 orang penonton.

Sementara itu Kadis Kebudayaan IB. Anom Bhasma melaporkan, pelaksanaan Festival Seni Budaya ke-10 tahun 2016 telah berjalan lancar yang dimulai dari tanggal 1 s/d 16 Nopember tahun 2016. Selanjutnya duta Kecamatan yang meraih Jayanti yaitu; tabuh beleganjur kelompok SMP juara I SMP Negeri 1 Mengwi, juara II SMP Negeri 3 Mengwi dan juara III SMP Taman Sastra Jimbaran. Sedangkan juara tari beleganjur kelompok SMP juara I SMP Negeri 2 Mengwi, juara II SMP Negeri 3 Mengwi dan juara III SMP Negeri 2 Kuta. Tabuh beleganjur kelompok SMA juara I SMA Negeri 1 Kuta Selatan, juara II SMA Negeri 1 Abiansemal dan juara III SMA Negeri 2 Kuta. Sedangkan juara tari beleganjur kelompok SMA juara I SMA Negeri 2 Mengwi, juara II SMK Negeri 1 Denpasar dan juara III SMA Negeri 1 Abiansemal. Lomba tabuh lan tari beleganjur se-Bali kelompok umum juara I Komunitas Seni Baturenggong br. Delod Bale Agung Mengwi, juara II Sekaa beleganjur Jenggala Gora Desa Buduk Mengwi dan juara III Sanggar Wibisana Br. Tegal Jaya Desa Dalung.

Lebih lanjut dilaporkan, lomba gong Kebyar anak-anak juara I Sekaa Gong Kebyar Anak-anak Werdhi Budaya Desa Adat Kelan Kecamatan Kuta, juara II Sekaa Kebyar Anak-anak Mekar jaya Desa Adat Lambing Desa Mekar Bhuana Kecamatan Abiansemal dan juara III Sekaa Gong Kebyar Anak-anak Jaya Kusuma br. Sengguan Desa Buduk Kecamatan Mengwi. Lomba Gong Kebyar Wanita juara I Sekaa Gong Wanita Gita Pertiwi Budaya br. Basangkasa Kelurahan Seminyak Kecamatan Kuta, juara II Sekaa Gong Wanita Githa Sunari Desa Sibanggede Kecamatan Abiansemal dan juara III Sekaa Gong Wanita Giri Putri br. Guming Desa Penarungan Kecamatan Mengwi. Lomba Gong Kebyar Dewasa juara I Sekaa Gong Surya Art Desa adat Kedonganan Kecamatan Kuta, juara II Sekaa Gong Genta Gurnita Shanti Desa Punggul Kecamatan Abiansemal dan juara III Sekaa Gong Pura Dalem Salunding Desa Adat Kapal Kecamatan Mengwi. Dan yang terakhir Lomba Angklung Kebyar juara I Sekaa Angklung Yadnya Sari Desa Sibangkaja Kecamatan Abiansemal, juara II Sekaa Angklung Purnama Budaya br. Batubidak Kerobokan Kaja Kecamatan Kuta Utara dan juara III Sekaa Angklung Kuta Kumara Agung br. Temacun Desa Adat Kuta Kecamatan Kuta. (hmsbadung/bpn)

 

Keterangan Foto : Bupati I Nyoman Giri Prasta didampingi Wabup Ketut Suiasa memotong tumpeng serangkaian HUT ke-7 Mangupura sekaligus penutupan Festival Seni dan Budaya Kabupaten Badung ke-10 di Jaba Sisi Pura Lingga Bhuwana Puspem Badung, Rabu (16/11/2016).