BALIPORTALNEWS.COM – Puncak HUT ke-40 SMKN 3 Denpasar, Jumat (7/10) kemarin berlangsung meriah. Puncak HUT  ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kasek Drs. AA Bagus Wijaya Putra, M.Pd. Saat itu juga dikukuhkan pengurus alumni SMKN 3 Denpasar yang diketuai Ni Nyoman Sri Mudani, SH.,MH.

Puncak HUT dihadiri Sekretaris Disdikpora Kota Denpasar, Drs. Wayan Sukana; Kabid Dikmen Drs. Wayan Supartha, M.Pd., para kasek SMK di Kota Denpasar, Ketua Komite, Suwarno beserta pengurus, seluruh  siswa dan guru.

Ketua Panitia HUT, IB Gd Sutarja mengatakan, serangkaian HUT ke-40 SMKN 3 Denpasar, digelar aneka lomba nyurat lontar dan story telling contest yang melibatkan siswa SMP se-Bali. Juga digelar pameran hasil karya siswa, bakti sosial dan FGD menindaklanjuti program literasi. Saat itu juga dibaca sejarah berdirinya SMKN 3 Denpasar.

Kepala SMKN 3 Denpasar, AA Bagus Wijaya Putra mengungkapkan, di usia ke-40 SMKN 3 Denpasar makin menunjukkan identitas dirinya sebagai sekolah Rujukan (Sekolah Model) yang diharapkan menjadi rujukan atau model dalam berbagai bidang kegiatan khususnya pada bidang kejuruan yang berorientasi pada keunggulan-keunggulan, berkarakter dan budaya Bali.

Baca Juga :  Ratusan Pemudik Kunjungi AHASS Siaga Plus di Jembrana

Berbagai prestasi diukir civitas akademika SMKN 3 Denpasar. SMKN 3 Denpasar, kata Wijaya Putra, juga sebagai front office SMK se-Bali. Baru-baru ini, SMKN 3 Denpasar juga menerima kunjungan delegasi SEAMEO. 

Melewati tahun ke-40, SMKN 3 Denpasar ingin fokus bekerja yang terbaik. Ini sesuai dengan Tema HUT  kali ini ‘’Kita Ciptakan Produk dan Budaya Kreatif Menuju Kemandirian’’. Menurut Wijaya Putra ini adalah menjadi ciri khas SMK menghasilkan produk.

Karenanya, dia mendorong stakeholder sekolah untuk selalu mengembangkan program-program sekolah selalu disesuaikan dengan perkembangan industri, kemajuan teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan untuk menjaga eksistensi sekolah sesuai jamannya.

Baca Juga :  Bunda PAUD Kembali Bagikan PMT dan APE Bagi Siswa dan Anak PAUD di TK Negeri Kerambitan

Program-program yang telah dikembangkan dan sedang ditingkatkan diantaranya adalah, pembelajaran Paikem, pembelajaran berbasis ICT, program attatchment, volunteer, edu health smart, dan yang terbaru adalah penggunaan pendekatan teaching factory dan technopark dalam proses pembelajaran yang berbasis produksi (PBT) dan berbasis SKKNI.

SMK Negeri 3 Denpasar telah menerapkan manajemen mutu ISO 9001-2008, serta menjalin hubungan dengan puluhan dunia usaha dan industri di dalam maupun luar negeri. Membanggakan, saat ini kualitas tamatan berdasarkan data terserapnya tamatan di dunia kerja diluar negeri 10 persen pada 2014.

Tak lupa di bidang budaya dan sikap peduli lingkungan dilandasi filosofi kesadaran lingkungan dalam bentuk slogan Tri Hita Karana juga diseimbangkan. Serta sikap melestarikan budaya lokal.

Sekretaris Disdikpora Kota Denpasar, Wayan Sukana, memberi apresiasi positif di usia 40  tahun SMKN 3 Denpasar mampu tampil berkualitas. Puncak HUT harus dipakai proses perenungan diri dan menapaktilas dalam pengabdian di bidang pendidikan di SMKN 3 Denpasar.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Hadiri Grand Final Pemilihan Duta GenRe Denpasar 2024

Ke depan SMKN 3 Denpasar harus fokus pada penguatan pendidikan berkualitas, menghasilkan SDM mandiri dan menghasilkan produk kreatif. Makanya dia bangga di usia ke-40 tahun SMKN 3 Denpasar disiapkan sebagai sekolah rujukan.

Dia menegaskan kualitas guru sangat menentukan kualitas pendidikan. Makanya dia  ingin  terus kobarkan rasa jengah dan membangun prestasi bersama guna menjadikan SMKN 3 yang berkualitas. Untuk itu SMKN 3 Denpasar harus  mampu melakukan adaftif changes yakni menyesuaikan diri dengan perubahan dan inovatif changes yakni merespon semua perubahan dengan kerja keras, kerja cerdas, kerja iklas, kerja tuntas serta  inovasi dan kreativitas. (tis/bpn)

 

Keterangan Foto : HUT SMKN 3 DENPASAR –  Kasek AA Bagus Wijaya Putra menyerahkan piala kepada pemenang lomba serangkaian HUT ke-40 SMKN 3 Denpasar.

 

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News