Polda Bali
Peran Scurity Check Banjar Tandeg Diapresiasi Polda Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Keamanan merupakan salah satu vitalitas yang sangat dibutuhkan belakangan ini, peningkatan jumlah penduduk serta kemajemukan menjadi alasan untuk peningkatan kebutuhan pada bidang keamanan. Polda Bali melalui Direktorat Pembinaan Masyarakat sangat menekankan peran serta masyarakat terlibat dalam menjaga keamanan di wilayahnya masing masing.

Dirbinmas Polda Bali, Kombes Pol Arsdo P Simatupang pada saat melaksanakan penilaian lomba Siskamling yang diwakili Jagabaya Banjar Tandeg, Selasa (13/6/2023) di Wantilan Pura Dalem Desa Adat Tandeg  mengungkapkan, bahwa sesuai dengan Peraturan Kapolri nomor 1 tahun 2001 bahwa lomba Siskamling ini merupakan stimulant untuk mengetahui peran serta dan partisipasi masyarakat terhadap keamanan dan ketertiban lingkungan.

Baca Juga :  Pilkada Badung 2024, Gusde Mahendra: Pemuda Badung Selektif Menentukan Pilihan

“Kami hari ini melakukan penilaian lomba Siskamling dengan tujuan mengetahui sejauh mana tingkat partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan dilingkungannya masing- masing terlebih menjelang Pemilu 2024 yang akan datang ini, bukan hanya keamanan lingkungan saja namun keamanan di dunia maya yaitu tertib dalam bermedia sosial agar terhindar dari berita yang mnenyesatkan, bohong atau Haoks,” terang Kombes Arsdo

Ditemui di tempat terpisah Bendesa Desa Adat Tandeg, I Wayan Wartana menceritakan asal mula terbentuknya Security Check di Banjar Tandeg, Desa Tibubeneng, Kuta Utara, Badung. Security Check ini awalnya diprakarsai oleh Kelian Dinas beserta warga pada tahun 2007 lalu karena melihat perkembangan wilayah dengan jumlah penduduk meningkat atau semakin padat dan heterogen terlebih di daerah Banjar Tandeg menjadi salah satu obyek keramaian karena wilayah Pariwisata. Kemudian dengan koordinasi apik dengan Polres Badung dan terus mendapatkan bimbingan serta pendampingan sehingga mematangkan keberadaan Security Check tersebut.

Baca Juga :  Puncak Arus Balik Tanggal 14 April 2024, Operasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Berjalan dengan Lancar

Dihadapan Kombes Pol Arsdo P Simatupang, I Wayan Wartana juga menjelaskan, sistem keamanan yang diberlakukan Security Check sehingga penjagaan keamanan Khususnya di wilayahnya menjadi aman.

“Kami mulai tahun 2012 lalu sudah membentuk kepengurusan dan merekrut warga masyarakat yang berprofesi di bidang keamanan dan pada tahun 2020 diterbitkan Pergub 26 tahun 2020 nama Security Check menjadi Jagabaya, dalam jagabaya ini masuk juga beberapa unsur terkait yaitu Linmas, satpam, Prejuru Banjar dan masyarakat sehingga penjagaan keamanan di wilayah kami menjadi maksimal yang barang tentu selalu dibimbing oleh Pihak Kepolisian,” terang Wartana.

Baca Juga :  Badung Gelar Pelaksanaan Bulan Bhakti Gotong Royong, Dipusatkan di Desa Kuwum Mengwi

Ia juga menjelaskan bahwa Jagabaya ini dinaungi oleh Perbekel Desa Tibubeneng dengan jumlah total 45 tim yang terbagi dalam 7 grup dengan masing-masing grup dipimpin oleh Koordinator.

“Kami bertugas 24 jam dengan sistem lintas ganti, kapan pun kami dibutuhkan maka kami telah siap demi keamanan dan kenyamanan serta ketertiban wilayah,“ imbuhnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News