Limbah
Kolaborasi Strategis dalam Pengelolaan Limbah dan Pengembangan Sumber Daya Industri. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANDUNG – PT ITDC Nusantara Utilitas (ITDC NU) anak usaha PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau InJourney Tourism Development Corporation (ITDC) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) bersama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, terkait Kolaborasi dan Inovasi Pengolahan Limbah dan Pengembangan Sumber Daya Industri, pada Kamis (2/5/2024) di Bandung Polytechnic of Textile Technology, Bandung.

Penandatanganan MoU ini, menandai langkah penting dalam kolaborasi strategis dan menjadi komitmen bersama dalam pengelolaan limbah dan pengembangan sumber daya industri. Penjajakan inisiasi awal dan landasan dalam kolaborasi dan inovasi pengolahan limbah, serta pengembangan sumber daya industri mencakup pelaksanaan kolaborasi pendidikan, pelatihan, magang, penelitian, diseminasi hasil penelitian, dan pengembangan masyarakat di kawasan pariwisata.

Baca Juga :  AI Generatif OPPO Hadir Pertama Kalinya di Lini A Series, OPPO A3 Pro 5G Tawarkan Pengalaman AI Canggih untuk Konsumen

Penandatanganan MoU ini, disaksikan secara online oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita, dan dihadiri oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Kementerian Perindustrian, Masrokhan, Direktur Utama ITDC NU, Anak Agung Istri Ratna Dewi, dan Direktur Operasi ITDC NU, Hari Wibisono.

Direktur Operasi ITDC Nusantara Utilitas, Hari Wibisono mengatakan, kolaborasi strategis ini, untuk menghadirkan solusi inovatif dalam pengelolaan limbah industri, yang sejalan dengan visi Pemerintah untuk menciptakan industri yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Baca Juga :  OJK Nilai Sektor Jasa Keuangan Stabil dan Kontributif terhadap Pertumbuhan Nasional

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Masrokhan menambahkan, kolaborasi ini juga berfokus pada pengembangan sumber daya manusia industri yang unggul, melalui program-program pelatihan dan peningkatan keterampilan yang dirancang untuk mendukung pertumbuhan dan transformasi industri Indonesia.

Dengan MoU ini, akan dilakukan percepatan pertukaran dan penyediaan informasi untuk pelaksanaan kolaborasi dalam pendidikan, pelatihan, pemagangan, penelitian, diseminasi hasil penelitian, dan pengembangan masyarakat di kawasan Pariwisata maupun kawasan industri, semakin memperkuat lini bisnis ITDC Nusantara Utilitas sebagai perusahaan pengembang sarana utilitas, perencanaan, dan pengelolaan utilitas secara terintegrasi, menciptakan ekosistem bisnis yang berkelanjutan.

Baca Juga :  ITDC Dukung Promosi Budaya dan Potensi Wisata Lokal Melalui Indonesia Gastrodiplomacy Series

“Sebagai perusahaan penyedia sistem utilitas terintegrasi, ITDC Nusantara Utilitas berharap dapat meningkatkan pengembangan dan pengelolaan utilitas, khususnya dalam inovasi pengolahan limbah. Melalui kolaborasi ini dapat memberikan dampak positif bagi penataan dan operasional kawasan pariwisata maupun industri,” ujar Hari.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News