Lomba pRamuka
Sekda Budiasa Buka Lomba Tingkat III Pramuka Penggalang Kwarcab Jembrana. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Sekda Jembrana, I Made Budiasa membuka Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Tiga (LT-III) Kwartir Cabang Jembrana 2023.

Pembukaan ini ditandai dengan Upacara Bendera serta penyematan atribut peserta oleh Budiasa yang juga Ketua Kwartir Cabang Jembrana bertempat di Lapangan Monumen Lintas Laut Gilimanuk, Melaya, Selasa (7/3/2023). Adapun jenis lomba yang ditampilkan sebanyak 18 jenis, dasar keterampilan pramuka.

Dalam sambutanya, I Made Budiasa berpesan kepada adik-adik penggalang yang akan mengikuti lomba agar dapat berkompetisi secara sportif dan bertanggungjawab.

“Dalam perlombaan ini kita semua agar menjujung tinggi sportifitas sesuai sifat dasar pramuka yang berjiwa besar dan kesatria,” pesan Budiasa.

Baca Juga :  May Day is Fun Day, Hari Buruh di Jembrana Digelar Bahagia

Selain itu, I Made Budiasa juga mengatakan bahwa pelaksanaan LT 3 itu guna mencari perwakilan Jembrana untuk mengikuti LT 4 di tingkat Provinsi pada bulan April 2023 mendatang.

“Pemenang dari Lomba ini, selanjutnya akan mewakili Kabupaten Jembrana pada perlombaan di tingkat Provinsi pada bulan April 2023 mendatang di Bumi Perkemahan Margarana Tabanan,” ungkapnya.

Lanjut, Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Tiga (LT-III) Kwartir Cabang Jembrana 2023 diharapkan dapat menumbuhkan karakter dan kepribadian dari Pramuka khususnya para Penggalang di Kabupaten Jembrana serta untuk meningkatkan jiwa persatuan dan kesatuan untuk menumbuhkan rasa bela negara.

“Melalui wadah inilah kita harapkan mulai sejak dini kita membentuk karakter dan kepribadian diri khususnya adik-adik penggalang. Oleh karena itu, kami harapkan para peserta adik-adik penggalang agar betul-betul memanfaatkan waktunya dengan baik,” harap Made Budiasa.

Dilain sisi, Ketua Panitia, I Nengah Dwi Yadnya mengatakan, pelaksanaan Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Tiga (LT-III) Kwartir Cabang Jembrana 2023 itu berlangsung selama 3 hari 2 malam mulai tanggal 7 sampai 9 Maret 2023 dengan diikuti total 36 regu.

“Peserta LT 3 kwarter Jembrana 2023 terdiri dari 18 regu penggalang putra, 18 regu penggalang putri, yang setiap regunya berjumblah 8 orang serta masing masing regu didampingi anggota dewasa atau pembina pramuka,” ujarnya.

Baca Juga :  Peringatan Harkitnas Ke-116, Bangun Optimisme Sambut Indonesia Emas 2045

Lebih lanjut, I Nengah Dwi Yadnya juga menjelaskan pelaksanaan LT-III Kwartir Cabang Jembrana 2023 meliputi kegiatan yang bersifat umum dan perlombaan, dengan kagiatan perlombaan sebanyak 18 jenis lomba.

“Adapun Lomba yang di selenggarakan diantaranya, Lomba administrasi regu, reportase, pionering, Astataria, menapsir, semboyan dan isyarat, P3K, masa rimba, bivak, halang rintang, pidato, peta kompas, baris berbaris, obat tradisional, packing, sketsa panorama, senam pramuka edisi pertama dan melukis, dengan pusat kegiatan di Bumi Perkemahan Taman Nasional Bari Barat,” pungkasnya.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News