BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Desa Tangguntiti, Kecamatan Selemadeg Timur, menggelar Tangguntiti Fiesta dan Porsenides. Kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT ke-73 Kemerdekaan RI itu dibuka Camat Selemadeg Timur, I Gusti Putu Ngurah Dharma Utama, di Lapangan Desa Tangguntiti, Minggu (5/8/2018).

Acara pembukaan even yang berlangsung hingga 13 Agustus 2018 tersebut, ditandai dengan pelepasan balon dan gerak jalan santai. Diikuti ratusan warga Desa Tangguntitit. Usai jalan santai, acara tersebut pun dimeriahkan penampilan penyanyi pop Bali, Gek Diah, Ketengkong Mas, Seman Sumba, dan penampilan pamungkas Leyonk Sinatra.

Perbekel Desa Tangguntiti I Gede Astra Wijaya mengatakan, tujuan penyelenggaraan Porsendides dan Tangguntiti Fiesta adalah untuk meningkatkan potensi di bidang olahraga dan seni. Selain itu juga menanamkan rasa kebersamaan dan mempererat tali persaudaraan antarwarga, serta berbagai ilmu dalam kompetisi yang sehat.

“Kegiatan ini melibatkan seluruh warga desa dan warga pendamping di Desa Tangguntiti. Sumber dana dari APBDes 2018 dan swadaya masyarakat,” ungkapnya.

Selama even tersebut berlangsung, akan menampilkan sejumlah kegiatan dan lomba. Diawali dengan jalan santai, senam aerobik, poco-poco massal, dan tarik tambang. Ada juga pertandingan sepakbola, catur, tenis meja, voli, mewarnai/menggambar untuk anak-anak, menyanyi pop Bali, lari kelereng, lari karung, tejog, masatua Bali, darma wacana Bali, geguritan, membuat kelakat, canang sari, ketipat nasi, ketipat galeng, membuat pejati cane, tamiang, parade busana ke pura berpasangan, parade gong kebyar antarbanjar, tari rejang renteng massal PKK, dan pengukuhan pengurus karang taruna, sekaligus persesmian Lapangan Desa Tangguntiti.

Sementara Camat Selemadeg Timur pun mengapresiasi semangat yang ditampilkan masyarakat Desa Tangguntiti dalam menyambut HUT ke-73 RI. Menurutnya, kegiatan yang dilaksanakan Desa Tangguntiti sangat bagus dan bisa dicontoh bagi desa-desa yang akan menggelar kegiatan serupa.

“Kalau program Tangguntiti Fiesta ini dilaksanakan pertama kali. Desa Tangguntiti mampu mengadopsi kegiatan-kegiatan yang digelar Pemkab Tabanan, yang kemudian diimplementasikan di tingkat desa,” ujar Dharma Utama. (ita/bpn)