BALIPORTALNEWS.COM – Griya Art Gallery di Griya Santrian a Beach Resort and Spa mempersembahkan pameran bertajuk (O)P(E)RASI. Pameran ini menghadirkan karya – karya 27 perupa muda dari mahasiswa dan alumni Jurusan Pendidikan Seni Rupa Undiksha yang telah mengambil mata kuliah prasimologi ditambah praktisi seni prasi dari desa Bungkulan, Gusti Bagus Sudiasta.

Prasi sering pula disebut sebagai seni lukis lontar, satu bentuk karya seni dua dimensional, bermediumkan daun lontar, memakai teknik torehan dalam menghadirkan image, serta mengandung aspek naratif didalamnya. Beberapa peserta menunjukkan upaya untuk mempertemukan medium lontar yang dominan dalam seni prasi dengan medium yang lain semisal plat tembaga atau menghadirkan metode presentasi yang mencoba keluar dari konvensi seni prasi pada umumnya.

Operasi yang dimaksud mengandung makna pembedahan dimana para seniman berupaya membedah struktur demi struktur “anatomi” seni prasi dan mempelajari berbagai aspeknya secara visual, tematik, hingga cara presentasi. Kata Operasi juga bermakna sebagai upaya seniman muda untuk bergerak dalam misi menempatkan eksistensi seni prasi ini dalam medan sosial seni rupa hari ini.

“Dengan terselenggaranya pameran ini diharapkan seni prasi menjadi semakin mendapat tempat dalam konstelasi seni rupa kontemporer,” ungkap Ida Bagus Gede Sidharta Putra, pemilik Griya Santrian Gallery sekaligus general manager Hotel Griya Santrian,”Kami tentunya mendukung upaya Jurusan Pendidikan Seni Rupa Undiksha Singaraja untuk melestarikan dan mengembangkan seni prasi.” (r/bpn)