BALIPORTALNEWS.COM – Kota Denpasar merupakan salah satu kota yang akan dilewati Obor Asian Games (Torch Relay) tahun 2018. Adapun Obor tersebut akan diterima Pemkot Denpasar di kawasan Subak Sembung yang merupakan salah satu obyek wisata pertanian tengah kota Denpasar. Hal tersebut terungkap saat pelaksanaan Rapat Asistensi dan Supervisi bidang Kepemudaan dan Olahraga serangkaian Asian Games ke VIII tahun 2018 di Hotel A One Jakarta, Kamis (5/7/2018) yang dibuka Plt. Dirjen Pembangunan Daerah Kemendagri, Diah Indrajati.

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara, Kadisdikpora Kota Denpasar, I Wayan Gunawan, Ketua KONI Denpasar, IB Toni Astawa, Kabid Pemuda dan Olahraga Disdikpora Kota Denpasar, AAN Wijaya Asmara bersama seluruh perwakilan provinsi serta kabupaten/kota yang akan dilalui obor Asian Games.

Dirjen Bina Pembangunan Daerah, Diah Indrajati dalam sambutanya mengatakan bahwa rapat ini secara teknis bertujuan guna memastikan kesiapan provinsi dan kabupaten/kota yang akan dilalui pawai obor Asian Games tahun 2018. “Sebagai tuan rumah penyelenggaraan, kami hanya ingin memastikan segala lini siap dalam pelaksanaan Asian Games tahun 2018,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, adapun obor Asian Games sedianya akan dilaksanakan pada 15 Juli mendatang di India, selanjutnya obor akan tiba di Indonesia pada 17 Juli di Yogyakarta yang sedianya akan dilaksanakan penyatuan api dengan Mrapen di Candi Prambanan. Setelah itu pawai obor akan dilanjutkan menuju 18 provinsi dan 49 kabupaten/kota di Indonesia yang salah satunya akan melintasi Kota Denpasar pada 24 Juli 2018 “Kami harap seluruh daerah mampu menunjukan potensi seni dan kebudayaan sebagai ajang promosi terhadap pengembangan pariwisata daerah masing-masing,” paparnya.

Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara menjelaskan bahwa pada prinsipnya Kota Denpasar siap mensukseskan gelaran olahraga terbesar di Benua Asia ini. Dimana, gelaran Asian Games tahun 2018 yang dilaksanakan di Jakarta-Palembang pada Agustus mendatang ini mampu dimanfaatkan seluruh atlet di Bali khususnya Kota Denpasar untuk bersaing dengan sportif serta mengedepankan fair play dalam melaksanakan tugas menjadi kontingen.

“Pada prinsipnya Pemkot Denpasar siap menyambut obor Asian Games dan menyukseskan serta meramaikan pelaksanaan Asian Games ke VIII tahun 2018, serta mengucapkan terimakasih atas apresiasi yang diberikan dengan memilih Denpasar sebagai salah satu tujuan Pawai Obor Asian Games tahun 2018 yang tentunya menjadi wahana dalam mendukung perkembangan olahraga dan ajang promosi pariwisata di Kota denpasar,” ujar Rai Iswara.

Kadisdikpora Kota Denpasar, I Wayan Gunawan mengatakan bahwa obor Asian Games (Torch Relay) direncanakan akan tiba di Kota Denpasar pada 24 Juli mendatang. Adapun rutenya yakni Subak Sembung, Jalan A Yani, Jalan Maruti, Jalan Cokroaminoto, Jalan Sutomo, Jalan Gajah Mada, Kawasan Catur Muka, Jalan Surapati, Jalan Kapten Agung, Jalan PB. Sudirman, Jala  Tjok Agung Trisna, dan berakhir di Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandhi, Renon untuk dilanjutkan oleh Pemprov Bali.

Sementara, Ketua Umum KONI Denpasar, IB Toni Astawa  mengaku pihaknya telah menyiapkan atlit sebagai pelari yang nantinya membawai obor Asian Games di Kota Denpasar. “Baik atlet di cabang olahraga maupun tim atlet pembawa api obor secara umum kami di KONI Denpasar telah siap,” pungkasnya. (ags/humasdps/bpn)