Polsek Selemadeg Gandeng Pecalang dan Sakera

296

BALIPORTALNEWS.COM – Guna mewujudkan kamtibmas yang kondusif di Selemadeg, Polsek Selemadeg menggandeng pecalang dan Sakera (Satuan Keamanan Rakyat) dari umat muslim di Bajera, Selemadeg. Kedua unsur keamanan dari adat dan komunitas keamanan umat muslim tersebut dipertemukan dalam rapat koordinasi di Polsek Selemadeg, Jumat (3/3/2017).

Menurut Kapolsek Selemadeg Kompol I Nyoman Sukanada, rakor yang diselenggarakan tersebut dalam rangka menciptakan kebersamaan dan kerukunan antarumat beragama di Selemadeg. “Hal ini juga dimaksudkan sebagai antisipasi kamtibmas, agar pelaku terorisme maupun segala bentuk gangguan kamtibmas tidak mudah masuk ke wilayah Selemadeg,” ujarnya.

Para pecalang dan sakera, lanjut Kompol Sukanada, juga dilibatkan dalam upaya menciptakan kondisi yang kondusif, terutama dalam rangka kunjungan Raja Arab Saudi ke Bali. Dalam rakor kali ini, kepolisian setempat menghadirkan 10 orang pecalang yang dipimpin I Wayan Suela, dan 10 orang sakera yang dipimpin Punadin.

Kegiatan yang berlangsung sekitar pukul 16.00 itu, juga membahas beberapa poin. Di antaranya masalah kekompakan, agar orang luar yang ingin melakukan kejahatan bisa diantisipasi.

Selain itu, juga mengedepankan sakera untuk melakukan peneguran terhadap warga muslim bila ada yang melakukan pelanggaran, khususnya saat Nyepi. “Sebaliknya, mengedepankan pecalang desa pakraman dari umat hindu bila ada yang melakukan pelanggaran saat hari raya umat muslim,” jelas Sukanada. (ita/bpn)