RPKD FM
RPKD Gelar Bimtek Penyiaran 2024, Dorong Eksistensi Radio di Era Digital. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan dalam bidang penyiaran dan literasi digital, serta memanfaatkan waktu liburan sekolah dengan kegiatan positif, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kota Denpasar melalui Radio Publik Kota Denpasar kembali menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyiaran 2024.

Acara ini dilaksanakan di Classroom A, Gedung Dharma Negara Alaya, dan diikuti oleh 62 siswa SMP se-Kota Denpasar selama dua hari, yakni pada 3-4 Juli 2024.

Dengan tema ‘Eksistensi Radio: Peluang dan Tantangan di Masa Depan’, acara ini ditujukan kepada siswa-siswi SMP di seluruh Kota Denpasar. Meskipun teknologi terus berkembang, radio tetap memegang peranan penting sebagai media komunikasi, sosialisasi, dan informasi bagi masyarakat luas. Kegiatan ini juga menjadi bagian dari rangkaian acara D’Youth Festival 4.0.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kota Denpasar, Dr. Ida Bagus Alit Adhi Merta, S.STP., M.Si., menekankan pentingnya radio tetap eksis di era digitalisasi 5.0 dan mengikuti perkembangan zaman.

Baca Juga :  Kober Mie Bedugul Luncurkan Menu Baru dengan Cita Rasa Korea untuk Rayakan 10 Tahun Berkarya

“Melalui Bimbingan Teknis Penyiaran 2024 ini, diharapkan Radio Publik Kota Denpasar dapat menemukan dan membentuk generasi penerus di bidang penyiaran,” ujar Gus Alit.

Pada hari pertama, materi disampaikan oleh praktisi penyiaran, Paul Suardi, S.S., yang membagikan kiat-kiat ‘Cara Menjadi Penyiar Profesional’. Kemudian dilanjutkan dengan materi tentang entertainment, ‘How To Be A Good Content Creator’ bersama Adiprana Kusuma.

Pada hari kedua, Dra. Retno IG Kusuma, M.Kes., seorang psikolog, memberikan materi tentang ‘Kreatif, Inovatif, dan Tampil Percaya Diri di Depan Publik’. Selanjutnya, Dr. I Nengah Muliarta, S.Si., M.Si., dari AMSI Bali membahas ‘Penulisan Berita Untuk Media Sosial’. Terakhir, I Made Arta Wibawa, S.Kom., selaku Kepala Stasiun RPKD FM, mengenalkan Radio Publik Kota Denpasar.

RPKD FM
RPKD Gelar Bimtek Penyiaran 2024, Dorong Eksistensi Radio di Era Digital. Sumber Foto : Istimewa

Selain pemberian materi, peserta juga berkesempatan mengunjungi Studio Radio Publik Kota Denpasar di Lantai 1 Gedung Dharma Negara Alaya. Acara ditutup dengan pengumuman pemenang lomba konten video kegiatan Bimtek Penyiaran 2024 yang dibuat oleh peserta.

Jevania Alvina Celin, peserta dari SMP Anugrah Denpasar, menyatakan kegembiraannya mengikuti kegiatan ini karena dapat memahami dunia broadcasting lebih dalam.

“Narasumbernya sangat seru dan semoga tahun depan ada kegiatan bimtek lagi,” katanya dengan antusias. (adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News