Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Unit Kegiatan Mahasiswa Kewirausahaan Universitas Udayana dan Otoritas Jasa Keuangan Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara berhasil menyelenggarakan Festival Nasional Wirausaha Muda Udayana 2017. Kegiatan dengan Tema “Grow Up and Promote Your Business Now” ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 Februari 2017 mulai jam 08.00 – 21.30 Wita.

Kegiatan Festival Nasional Wirausaha Muda Udayana 2017 disemarakkan dengan berbagai kegiatan diantaranya Seminar dan Talk Show Nasional, Lomba Video Branding Nasional, Young Entrepreneur Expo and Food Festival, Lomba Grup Vokal se-Kota Denpasar, Lomba Tari Kreasi-Tradisional Bali se-Kota Denpasar, Lomba Fashion Show dan Lomba Menggambar dan Mewarnai.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah lembaga negara yang dibentuk berdasarkan UU Nomor 21 Tahun 2011 yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan.

Selain itu, OJK juga memiliki fungsi edukasi untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat serta perlindungan konsumen. Kegiatan Festival Nasional Wirausaha Muda Udayana 2017 merupakan salah satu implementasi fungsi edukasi dalam hal mendukung berkembangya wirausaha muda melalui informasi akses produk dan jasa layanan lembaga keuangan.

Baca Juga :  BKR Melati Desa Tegal Harum Masuk 3 Besar Apresiasi BKR Percontohan Provinsi Bali

Festival Nasional Wirausaha Muda Udayana 2017 dibuka secara resmi oleh Asisten Deputi Kewirausahaan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia bersama Kepala Otoritas Jasa Keuangan Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Denpasar, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, dan Pembina UKM Kewirausahaan.

Bapak Zulmi (Kepala OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara) memberikan pemaparan mengenai Peran OJK melalui Regulasi Lembaga Keuangan dalam Mengembangkan Wirausaha Muda. Disampaikan juga cara mudah mengakses permodalan bagi UMKM. Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi salah satu program yang dapat membantu Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi (UMKMK) dalam mengakses permodalan dari bidang perbankan.

Baca Juga :  Manfaatkan Kekuatan CBR250RR, Pebalap Astra Honda Kibarkan Merah Putih di ARRC China

Selain itu, terdapat juga layanan penjaminan kredit untuk wirausaha muda yang feasible namun belum bankable dari segi agunan, ragam layanan gadai untuk membantu permodalan UMKM, Unit Layanan Modal Mikro (UlaMM) dari Permodalan Nasional Madani yang menyediakan permodalan bagi UMK dan pendampingan usaha, revitalisasi Perusahaan Modal Ventura bagi UMKM serta berbagai produk dan layanan jasa keuangan lainnya. OJK juga turut mendukung perkembangan usaha dan layanan online melalui pengaturan layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi.

Dari sosialisasi tersebut diharapkan wirausaha muda memperoleh banyak manfaat dalam perintisan dan pegembangan bisnis melalui berbagai produk dan layanan yang disediakan oleh Lembaga Jasa Keuangan.

Baca Juga :  Hingga Akhir Februari, Kanwil DJP Bali Bukukan Penerimaan Pajak Sebesar Rp2,24 Triliun

Seminar dan Talk Show Nasional dengan tema “Branding Your Business” berhasil menghadirkan lima pembicara luar biasa, yaitu Budi Sastria Isman (Ex. Dirut Coca Cola Amatil Indonesia, Founder Yayasan ProIndonesia), Haykal Kamil (Young Entrepreneur, Actor, Producer, Develover, CMO Meccanism), Yayak E. Cahyanti (Brand Develover, Illustrator, Owner Sambel Bususan), Pande Putu Setiawan (Founder Anak Alam, Aktivis Sosial, Kick Andy Heroes 2014), dan I Ketut Darta, S.H (Konsultan HaKI Disperindag). (r/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News