BALIPORTALNEWS.COM – Dua pebalap binaan Astra Honda Motor, berhasil mengibarkan bendera Merah Putih pada balapan pertama Asia Road Racing Championship (ARRC) 2018 seri ketiga yang berlangsung di Suzuka International Circuit, Jepang, (2/6/2018). Rheza Danica Ahrens, berhasil mempersembahkan podium pertama, dan podium ketiga diisi Mario Suryo Aji.

Tiga pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) pada kelas AP250 mendominasi sejak sesi kualifikasi dengan berhasil menempati barisan terdepan berdasarkan hasil kualifikasi yang berlangsung pagi hari. Rheza Danica Ahrens, memulai pada posisi pertama dengan catatan waktu 2:27:013 pada sesi kualifikasi, disusul Mario Suryo Aji yang memulai balapan di posisi 4 dengan catatan waktu 2:28:847, serta Awhin Sanjaya yang berada di posisi 5 dengan catatan waktu 2:29:191.

Pada awal balapan pertama ARRC seri ketiga, Rheza langsung melesat jauh memimpin jalannya balapan meninggalkan jauh 5:299 detik dari pebalap terdekat hingga menginjak garis finis dengan catatan waktu 19:50:478. Sementara itu, Mario Suryo Aji dan Awhin Sanjaya menjalani persaingan ketat untuk merebutkan posisi kedua dan ketiga. “Alhamdulillah race pertama ini berjalan bagus sesuai dengan target dari tim Astra Honda untuk meraih podium pertama. Saya mengucapkan terima kasih kepada Tuhan, keluarga saya dan kepada tim terutama kepada mekanik saya dengan memberikan settingan terbaik pada race pertama ini,” ujar Rheza.

“Pada lap awal saya masih berada di belakang dengan mengikuti rombongan, dan lap-lap terakhir sudah masuk di 3 besar. Pada tikungan terakhir, saya sedikit melakukan kesalahan sehingga banyak pebalap lain masuk semua. Saya mencoba overtake pebalap lainnya untuk dapat meraih podium ke tiga,” ucap Mario.

“Di balapan pertama saya memiliki beberapa kesalahan, sehingga menyebabkan saya bersenggolan dengan pebalap lain dan ada beberapa tikungan saya hampir jatuh. Namun ini menjadi pelajaran saya untuk balapan kedua dan saya sudah cukup puas dapat berada di posisi ke empat,” kata Awhin.

Di kelas Supersport 600cc, Andi Gilang yang start di posisi sepuluh berhasil langsung naik ke posisi ke 7 pada lap awal. Namun Andi Gilang terjatuh karena slip saat ban belakang keluar jalur dan mengakibatkan high side pada lap ke-10 saat memasuki tikungan ke-16. Andi mengalami cidera ringan pada tangan sebelah kiri. “Untuk saat ini kondisi saya sekarang sudah membaik hanya sedikit mengalami memar pada tangan kiri akibat terjatuh di selepas tikungan ke 15. Insya Allah saya siap menghadapi balapan kedua,” ujar Andi. (ngr/bpn)