UGM dan Kabupaten Gianyar Perkuat Kerjasama Riset

159

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Kabupaten Gianyar, Bali sepakat untuk melanjutkan kerja sama dalam bidang penelitian yang kali ini berfokus pada riset perilaku sosial budaya masyarakat Gianyar  akibat dampak globalisasi dan komersialisasi pariwisata.

Hal tersebut mengemuka dalam kunjungan Bupati Gianyar Anak Agung Gde Barata beserta rombongan ke UGM, Jum’at (5/1/2018). Rombongan diterima oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni UGM Dr. Paripurna, S.H., M.Hum., LL.M., didampingi Kasubdit Kerja Sama Dalam Negeri Dra. Sri Widati dan Sekretaris Direktorat Pengembangan Usaha dan Inkubasi Sang kompiang Wirawan, S.T., M.T., Ph.D.

Kerja sama antara UGM dengan Kabupaten Gianyar telah berlangsung sejak tahun 2015 lalu antara lain dalam penghijauan dan konservasi air di sepanjang pantai Kabupaten Gianyar. Kini keduanya berencana kembali memperkuat kerja sama tersebut yang difokuskan pada penelitian perilaku sosial budaya masyarakat Gianyar karena dampak globalisasi dan komersialisasi pariwisata.

“Semoga kerja sama ini bisa berjalan lancar dan bermanfaat bagi Kabupaten Gianyar dan UGM,”harap Anak Agung Gde Barata.

Paripurna mengatakan UGM memiliki komitmen dalam upaya menjaga kelestarian dan kelangsungan masyarakat Bali. Oleh sebab itu dalam waktu dekat akan segera diterjunkan tim yang terdiri dari pakar-pakar UGM dari berbagai bidang terkait untuk berkolaborasi dengan pemda Bali dalam pelaksanaan riset.

“Riset akan dimulai bulan Februari mendatang dan kami akan segera siapkan tim yang komperehensif dari berbagai bidang seperti hukum adat, antroplogi, arkeologi, sosiologi, psikologi, sejarah, dan lainnya,” paparnya. (ika/humas-ugm/bpn)