BALIPORTALNEWS.COM, SINGAPURA – SilkAir, anak perusahaan Singapore Airlines (SIA), akan mengalihkan pengoperasian rute penerbangan tujuan Langkawi di Malaysia, Pekanbaru di Indonesia dan Kalibo di Filipina ke Scoot, penerbangan berbiaya rendah yang juga merupakan anak perusahaan SIA. Penerbangan SilKAir terakhir ke dan dari Langkawi, Pekanbaru dan Kalibo di jadwalkan masing-masing pada tanggal 8 April 2018, 30 Mei 2018 dan 28 Juni 2018. Pada saat ini SilkAir terbang tiga kali dalam seminggu ke masing masing tujuan tersebut.

Pengalihan layanan penerbangan ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan penggunaan pesawat udara dalam grup SIA, juga untuk lebih menyelaraskan terhadap permintaan. Pada saat ini Scoot telah terbang sebanyak tiga dan empat kali per minggu ke Langkawi dan Kalibo, sedangkan Pekanbaru merupakan tujuan baru dalam rutenya.

Dengan pengalihan ini, Scoot secara berkala akan menyesuaikan frekwensi penerbangannya ke Langkawi dan Kalibo untuk memberikan pilihan yang lebih baik serta meningkatkan kenyamanan kepada pelanggannya. Scoot juga menargetkan untuk terbang ke Pekanbaru pada semester pertama tahun 2018, sambil menunggu persetujuan dari regulator.

“Kami akan terus menerus melakukan penilaian terhadap rute yang kami operasikan dalam rangka optimalisasi sumber daya yang ada di grup SIA. Pengambil alihan rute Langkawi, Pekanbaru dan Kalibo dilakukan dengan maksud tersebut dan juga untuk menyesuaikan antara penawaran dan permintaan”, seperti yang di sampaikan oleh Mr.Foo Chai Woo, Direktur Utama SilkAir.

SilkAir akan tetap terbang ke tiga tujuan di Malaysia, seperti Kota Kinabalu, Kuala Lumpur dan Penang. Sedangkan di Indonesia akan tetap terbang ke 10 kota tujuan, antara lain: Balikpapan, Bandung, Denpasar (Bali), Lombok, Makassar, Manado, Medan, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta. Di Pilipina, SilKAir tetap terbang ke Cebu dan Davao.

Dengan tambahan Pekanbaru, Kuantan dan Berlin yang akan diterbangi pada bulan Februari dan Juni 2018, rute yang diterbangi Scoot akan meluas ke 66 kota tujuan di 18 negara/daerah. Khususnya di Indonesia, kota tujuan Scoot akan bertambah menjadi lima, dari tujuan sebelumnya Bali, Jakarta dan Palembang.

Pelanggan SilkAir yang telah melakukan pembelian tujuan Langkawi dengan periode terbang mulai dari 09 April 2018 dan tujuan Kalibo dengan periode terbang mulai 29 Juni 2018, dapat melakukan opsi untuk pengalihan tujuannya ke kota lain di Malaysia atau di Filipina, atau tetap terbang ke kota tujuan semula dengan Scoot. Pilihan yang lain, dapat juga dilakukan dengan pengembalian uang secara penuh. Pelanggan yang membeli tiket ke Pekanbaru dengan periode terbang mulai dari 30 Mei 2018 dapat melakukan opsi yang sama.

Segala biaya administrasi yang ada dihapuskan, bila pelanggan telah melakukan pembelian tiket pada hari ini atau sebelumnya. Hal ini juga berlaku bagi tiket yang dibeli dengan poin KrisFlyer. Pelanggan SilkAir yang membutuhkan bantuan, dapat menelpon pusat layanan di nomor telpon +65 6223 8888. (r/bpn)