Upacara Ngadegang Mangku Gede
Wawali Arya Wibawa Hadiri Upacara Ngadegang Mangku Gede di Pura Dalem Penataran Sari, Desa Adat Pedungan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa ‘nyaksiang’ atau menghadiri rangkaian prosesi Ngadegan Pemangku, Pewintenan dan Mepasupati Jero Mangku Gede di Pura Dalem Penataran Sari, Banjar Geladag, Desa Adat Pedungan pada Rabu (3/7/2024) pagi. Dalam kesempatan tersebut, Wawali Arya Wibawa tampak mengikuti rangkaian upacara serta melaksanakan persembahyangan bersama undangan serta masyarakat yang hadir.

Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa dalam kesempatan tersebut mengatakan, bahwa upacara Yadnya ini mencerminkan Sradha Bakthi umat kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa. Terlebih melalui Upacara Ngadegan Pemangku, Pewintenan dan Mepasupati Jero Mangku Gede dapat memberikan pelayanan bagi umat Hindu, khususnya di Pura Dalem Penataran Sari, Banjar Geladag, Desa Adat Pedungan.

Baca Juga :  Cegah Kemiskinan Ekstrem, Pemkot Denpasar Bagikan PMT Bagi Puluhan Lansia di Dentim dan Densel

“Terlebih dalam pelaksanaannya tercermin spirit Vasudhaiva Kutumbakam alias semangat bergotong-royong yang tulus ikhlas dari seluruh masyarakat. Inilah landasan pembangunan Kota Denpasar dan semoga upacara Yadnya ini dapat berjalan lancar serta terus meningkatkan sradha dan bhakti umat,” jelas Arya Wibawa.

Sementara Ketua Panitia Karya, Komang Sudina menjelaskan, prosesi Ngadegan Pemangku, Pewintenan dan Mepasupati Jero Mangku Gede Pura Dalem Penataran Sari ini dimulai pada Selasa (2/7/2024) kemarin. Dimana, hari ini, Rabu (3/7/2024) dilaksanakan upacara Ngadegan Pemangku, Pewintenan dan Mepasupati.

Baca Juga :  Bank Indonesia Gelar Bali Jagadhita ke-V: Dorong Trade, Tourism, and Investment

“Pemangku yang mengikuti prosesi Pewintenan berjumlah tiga pasang pemangku berstatus suami istri dan juga total sebanyak sekitar 100 orang Pengempon Pura lainnya juga mengikuti prosesi Pewintenan ini,” jelasnya.

Ditambahkannya, hari ini juga dilaksanakan prosesi Ngadegan Pemangku Sesuhunan Ratu Ngurah Gede dan dua Petapakan Ida Betara di Pura Dalem Penataran Sari. Dalam kesempatan tersebut juga turut dipentaskan juga Tari Wali yakni Topeng Sidakarya.

“Ucapan terima kasih kami atas kehadiran bapak Wawali Arya Wibawa menghadiri upacara Yadnya yang kami laksanakan dan semoga dapat memberi kebaikan bagi kita semua,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News