Jebol
Senderan Jebol, Akses Jalan Kabupaten di Desa Sibetan Tertutup. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Karangasem menyebabkan senderan pondasi rumah di Banjar Dinas Pengawan, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem, jebol pada Rabu (3/7/2024) sore.

Material senderan berupa batu, beton, dan tanah menutup akses jalan kabupaten di wilayah tersebut, sehingga kendaraan tidak bisa melintas dan memaksa warga untuk menggunakan jalan alternatif lainnya.

Perbekel Desa Sibetan, I Made Beru Suryawan, mengatakan kejadian ini terjadi sekitar pukul 16.30 WITA. Pada saat itu, wilayah Desa Sibetan sedang diguyur hujan deras. Beban yang terlalu berat diduga menjadi penyebab jebolnya senderan pondasi rumah milik warga.

“Material senderan menutup akses jalan. Jalur tersebut saat ini tidak bisa dilewati kendaraan, warga terpaksa memutar lewat jalur alternatif lainnya,” ujarnya.

Baca Juga :  Dinkes Karangasem Tegaskan Warga Sibetan Meninggal Bukan Karena Meningitis

Hingga sore ini, proses penanganan material yang menutupi jalan belum bisa dilakukan mengingat kondisi cuaca masih hujan. Selain itu, material yang ada kemungkinan memerlukan alat berat untuk pembersihan lebih lanjut.

“Besok kita akan koordinasikan dengan pemilik, kemungkinan batu-batu dari senderan yang jebol itu akan dikumpulkan kembali oleh pemiliknya,” imbuh Suryawan.

Sementara itu, Kepala BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa, menyatakan bahwa pada Kamis (4/7/2024) besok, pihaknya bersama Dinas PUPR akan turun ke lokasi untuk melakukan asesmen.

“Besok kita akan turun melakukan asesmen bersama Dinas PUPR. Kemungkinan penyebab senderan jebol adalah dampak hujan deras dua hari terakhir ini,” jelas Arimbawa.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News