Safety Riding
Kalibrasi Kualitas Edukasi, AHM Gelar Kompetisi Instruktur Safety Riding. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Kompetisi tahunan untuk menguji dan meningkatkan kompetensi instruktur safety riding Honda, The 15th Astra Honda Safety Riding Instructors Competition (AHSRIC) 2024 kembali dihelat oleh PT Astra Honda Motor (AHM).

Kompetisi akbar ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk menghasilkan SDM unggul dan terlatih dalam mendukung terciptanya budaya keselamatan berkendara yang aman dan nyaman di masyarakat.

Kompetisi AHSRIC tidak hanya menguji skill teknis berkendara yang aman, tetapi juga kemampuan instruktur dalam menyampaikan informasi dengan efektif serta meningkatkan kesadaran akan prediksi bahaya di jalan raya. Puncak acara dari kompetisi ini diadakan di Astra Honda Motor Safety Riding Park (AHMSRP) di Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat pada 1-4 Juli 2024, yang merupakan fasilitas pelatihan safety riding sepeda motor Honda terbesar di Asia Tenggara.

Kompetisi ini terbagi menjadi 8 kategori yaitu Instruktur Instruktur Kelas Big Bike, Instruktur Kelas Sport, Instruktur Kelas Skutik, Advisor Dealer, Advisor Komunitas Kelas Sport, Advisor Komunitas Kelas Skutik, Group Instruktur Main Dealer Honda, serta Group Safety Riding Center Main Dealer Honda.

Pada tahun ini penilaian coaching mengalami penyegaran dengan fokus baru perilaku berkendara yang berkeselamatan berdasar riset dari tim safety riding AHM. Semakin menarik, untuk pengujian inovasi tahun ini juga dibuka untuk seluruh katgeori grup Main Dealer.

Sebelum mencapai level nasional, para peserta AHSRIC 2024 telah melewati seleksi regional yang melibatkan 120 instruktur safety riding, 2.690 advisor safety riding dari dealer Honda, dan 1.577 advisor dari komunitas Honda di seluruh Indonesia. Dari tahap regional ini, terpilihlah 196 peserta untuk bersaing di kompetisi nasional yang terdiri dari 18 instruktur kelas big bike, 54 instruktur kelas sport, 12 instruktur kelas skutik, kemudian 28 peserta dealer advisor, community advisor sport 56 peserta, dan community advisor AT 28 peserta. Selain itu para peserta juga akan bertanding dalam kategori grup instruktur grup main dealer dan grup instruktur Safety Riding Center.

Baca Juga :  Agar #Cari_Aman, Ini Manfaat Menoleh ke Belakang Saat Berkendara

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, Andy Wijaya, menegaskan kompetisi AHSRIC adalah wujud dari komitmen AHM untuk selalu meningkatkan kemampuan instruktur safety riding Honda. Melalui kompetisi ini, para instruktur mendapat banyak tantangan untuk semakin cerdasdan efektif dalam mengkampanyekan keselamatanberkendara pada berbagai segmen masyarakat yang menggunakan beragam tipe sepeda motor.

“Melalui AHSRIC, kami ingin mengalibrasi kompetensi para instruktur safety riding Honda di seluruh Indonesia, sehingga mereka dapat terus mengedukasi masyarakat akan pentingnya keselamatan berkendara, serta berperan aktif dalam menciptakan budaya berkendara yang aman, nyaman, dan menyenangkan,” ujar Andy.

Baca Juga :  AI Generatif OPPO Hadir Pertama Kalinya di Lini A Series, OPPO A3 Pro 5G Tawarkan Pengalaman AI Canggih untuk Konsumen

Komitmen 2 Dekade

Upaya menghadirkan pengalaman berkendara yang amandan nyaman bagi seluruh pengguna jalan telah lama dijalankan AHM bersama jaringan main dealer seluruhIndonesia. Selama dua dekade terakhir, AHM bersamajaringannya secara konsisten telah menggelar lebih dari24.000 pelatihan keselamatan berkendara denganmelibatkan lebih dari 3,3 juta peserta. Edukasi ini didukungoleh Honda Riding Trainer (HRT) yang tersedia di seluruhIndonesia dan telah dimanfaatkan oleh lebih dari 26,3 jutaindividu.

Dalam upaya meningkatkan edukasi keselamatanberkendara, AHM bersama jaringan main dealernya juga mengembangkan 9 Safety Riding Center Honda di berbagaidaerah di Indonesia, serta membangun AHM Safety Riding Park sebagai pusat pelatihan terbesar di Kawasan Asia Tenggara. Fasilitas ini tidak hanya digunakan oleh para peserta kompetisi, tetapi juga terbuka untuk masyarakatumum yang ingin memperdalam pengetahuan merekatentang keselamatan berkendara.

AHM juga telah mengemas kegiatan keselamatan berkendara dengan tagline #Cari_Aman sejak tahun 2017, sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran keselamatan berkendara terutama di kalangan generasi muda. Melengkapi hal ini, AHM juga telah bermitra dengan 17 sekolah di berbagai wilayah di Indonesia melalui sekolah binaan dan juga Safety Riding Lab untuk mewujudkan budaya berkendara yang aman dan nyaman di kalangan anak muda.

Baca Juga :  PLN Jadi Perusahaan Utilitas Terbaik se-Kawasan Versi Fortune 500 Asia Tenggara

Pemenang The 15th Astra Honda Safety Riding Instructors Competition 2024

Instructor Category (Sport Class)

  1. Hari Setiawan – PT Mitra Pinasthika Mulia Surabaya
  2. Yosepth K.L Dwiyanto – Astra Motor Bali
  3. Tamy Pratama – PT Daya Adicipta Motora

Instructor Category (AT Class)

  1. Nofa Ismiati – PT Daya Adicipta Motora
  2. Fitri Aprilia – PT Mitra Pinasthika Mulia Surabaya
  3. Novara Dita – PT Capella Dinamik Nusantara – Aceh

Instructor Category (Big Bike Class)       

  1. Amizar Maas – PT Daya Adicipta Motora
  2. Dimas Satria Kelana Putra – PT Mitra Pinasthika Mulia Surabaya
  3. Adni Rahmat Ramli – PT Daya Adicipta Motora

Community Advisor Category (Sport Class)

  1. Handika Dwi Cahyo – Astra Motor Yogyakarta
  2. Moch Ridwan Nurdiansyah -PT Daya Adicipta Motora
  3. Iaz Yanuar Ahmad – PT Mitra Pinasthika Mulia Malang

Community Advisor Category (AT Class)

  1. Annah Septiani – PT Mitra Pinasthika Mulia Malang
  2. Cindi Agustin – PT Daya Adicipta Motora
  3. Soya Anggraeni – PT Mitra Pinasthika Mulia Surabaya

Dealer Advisor Category

  1. Verri Ariwahyudi – PT Mitra Pinasthika Mulia Malang
  2. Rama Dhandyano – PT Capella Dinamik Nusantara – Ridar
  3. Muhammad Lutfi Fahilah – PT Mitra Pinasthika Mulia Surabaya

(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News