Honda EM1
Pengalaman Dua Hari Mengendarai Motor Listrik Pertama Honda. Sumber Foto : tis/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dua hari sudah berlalu sejak saya duduk di atas Honda EM1 e:, motor listrik pertama dari Honda. Rasa penasaran dan antusiasme menyelimuti diri saya saat pertama kali memutar tuas gasnya. Sensasi hening dan halus langsung terasa, berbeda dengan motor bensin yang biasa saya kendarai.

Perjalanan pertama saya bersama Honda EM1 e: adalah dari Astra Motor Bali menuju rumah. Jarak tempuhnya sekitar 10 km, namun cukup untuk merasakan performa dan keunggulan motor ini. Akselerasi EM1 e: cukup responsif, meskipun tidak secepat motor sport. Hal ini wajar, mengingat motor ini dirancang untuk penggunaan sehari-hari di dalam kota.

Salah satu hal yang paling saya sukai dari EM1 e: adalah kemudahan penggunaannya. Tidak ada starter, cukup putar tuas gas dan motor langsung siap melaju. Panel instrumennya pun simple dan mudah dibaca.

Keunggulan lain dari EM1 e: adalah efisiensi bahan bakarnya. Dalam dua hari penggunaan, saya hanya mengisi daya baterai dua kali. Pertama ketika daya masih 64% dan yang kedua daya sudah 22%. Saat mengembalikan ke Astra Motor Bali sisa daya masih 34%, dengan total jarak tempuh 35 km selama penggunaan dua hari.

Baca Juga :  Jadi Kado HUT RI, Pebalap Binaan Astra Honda Kibarkan Merah Putih dari Podium IATC Malaysia

Secara keseluruhan, saya sangat puas dengan pengalaman mengendarai Honda EM1 e:. Motor ini menawarkan kombinasi sempurna antara performa, efisiensi, dan kemudahan penggunaan. Bagi Anda yang mencari motor ramah lingkungan dan hemat biaya, EM1 e: adalah pilihan yang tepat.

Kelebihan Honda EM1 e: yang saya rasakan, yaitu suara mesinnya tidak bising seperti motor bensin, sehingga lebih ramah lingkungan dan nyaman dikendarai. Mudah digunakan cukup putar tuas gas dan motor langsung siap melaju, tidak perlu ganti oli dan servis rutin seperti motor bensin, serta tampilannya modern dan menarik.

Baca Juga :  Strategi Honda Racing Indonesia Hasilkan Double Podium ITCR 1.200 di Seri Ketiga Kejurnas Balap Mobil ISSOM 2024
Honda EM1
Pengalaman Dua Hari Mengendarai Motor Listrik Pertama Honda. Sumber Foto : tis/bpn

Menariknya, dengan Honda EM1 e: ini saya lakukan beberapa percobaan dengan membawa galon air maupun gas LPG berukuran 12 kg dan 3 kg. Hasilnya, dengan Honda EM1 e: saya sangat mudah membawa barang-barang tersebut. Bahkan berkendara dengan istri dan anak juga masih tergolong nyaman menggunan motor listrik dari Honda ini.

Sedangkan kekurangannya, seperti harga masih tergolong mahal dibandingkan motor bensin, jarak tempuhnya tidak sebanding dengan motor bensin, waktu pengisian baterai membutuhkan sekitar 5-6 jam untuk mengisi daya baterai dari 0% hingga penuh, bagasi yang mungil serta stasiun pengisian daya baterai masih belum banyak tersedia.

Baca Juga :  Siswa SMKN 1 Amlapura diajak #Cari_Aman Berkendara dengan Rumus 3 Detik

Dapat saya simpulkan, Honda EM1 e: adalah pilihan yang tepat bagi kalian yang mencari motor ramah lingkungan, hemat biaya, dan mudah digunakan. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, seperti harga dan jarak tempuh, kelebihannya jauh lebih outweighs kekurangannya.(tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News