Parade Budaya
Parade Budaya HUT ke-819 Kabupaten Bangli. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Dengan menampilkan parade dari empat kecamatan se-Kabupaten Bangli parade budaya dibuka Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, pada Minggu (21/5/2023), ditandai dengan pemukulan kulkul.

Parade juga dihadiri Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar, Ketua DPRD Bangli, I Ketut Suastika, Sekda Bangli, Ida Bagus Gde Giri Putra, Ketua TP. PKK Kabupaten Bangli, Ny. Sariasih Sedana Arta, Ketua GOW, Ny. Suciati Diar, Ketua DWP, Ny. Suardini Giri Putra, Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Bangli, Perbekel se-Kabupaten Bangli serta undangan lainnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangli, I Wayan Sugiarta dalam laporannya menyampaikan,  pawai budaya yang dilaksanakan hari ini adalah wahana bagi seniman Bangli untuk mengekspresikan jiwa dalam bentuk seni. Di samping itu juga sebagai perwujudan rasa syukur bahwa masyarakat Bangli dan Bali umumnya dianugrahi Ida Sang Hyang Widhi Wasa jiwa yang damai, jiwa-jiwa seni yang luar biasa.

“Untuk itu patut diberikan apresiasi sehingga potensi seni tidak hilang begitu saja, namun bisa dikembangkan dan dilestarikan,” ajak Sugiarta.

Baca Juga :  Bupati Sedana Arta Buka Pelatihan GTA dan DEA di Kabupaten Bangli

Dalam parade budaya kali ini melibatkan kurang lebih 2.010 orang seniman dari empat kecamatan yang dibagi menjadi beberapa pementasan, diantaranya materi pawai PKB duta Kabupaten Bangli pada PKB ke-45 bulan juni mendatang yang diwakili Yayasan Gringsing Agung berkolaborasi dengan Semeton Jegeg Bagus Bangli. Partisipasi dari Kecamatan Kintamani dengan menampilkan karya sendratari kolosal panerajon. Disusul dengan partisipasi dari Kecamatan Tembuku  mempersembahkan tabuh Baleganjur, diiringi gebogan bunga dan buah, payas agung serta permainan tradisional  gobak sodor  (metamak tamakan), parade ngelawang barong bangkung serta pragmen tari dengan judul Sang Kala Brahma. Selanjutnya Kecamatan Susut dengan menampilkan gebogan bunga, gebogan buah, tari cupak grantang, permainan tradisional  egrang. Parade ditutup dengan penampilan Kecamatan Bangli dengan menampilkan pragmen tari, parade ogoh-ogoh diiringi gambelan baleganjur, penampilan pakaian khas pengantin, parade gebogan buah dan bunga, dan khasanah Bangli dengan menampilkan payas agung dan payas madya.

Sementara itu Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta dalam sambutannya menyampaikan, peringatan HUT ke-819 Bangli ini mengusung tema ‘Bangli Jengah’ dengan ikon tari baris gede. Pemilihan ikon tari baris gede ini bermakna bahwa Bangli adalah salah satu daerah di Bali yang kaya akan tradisi budaya, serta Bangli memiliki beragam jenis tari baris gede, bahkan terbanyak di Bali. Filosifis tari baris gede merupakan tarian sakral yang ditarikan pasukan sebelum berlaga ke medan perang, sebagai simbol keberanian, kekuatan, keafungan dan simbol persatuan.

Baca Juga :  Bupati Sedana Arta Muspayang Bhakti Tawur Labuh Gentuh Sasih Kesanga di Catus Pata Bangli

“Dengan spirit tari baris gede ini terlahir taksu semangat untuk bahu membahu, bergotong royong, bersatu padu, seluruh masyarakat Bangli untuk Bangkit jengah membangun Bangli,” harap Sedana Arta.

Dengan spirit ‘mebarisan’ untuk jengah membangun Bangli Bupati mengajak seluruh komponen masyarakat Bangli khususnya para penggiat seni dan budayawan untuk bersama-sama bersinergi  dalam pelestarian seni budaya, sebab salah satu pilar pembangunan adalah karakter yang menempatkan pemajuan dan pelestarian kebudayaan sebagai sabagai salah satu landasannya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sedana Arta mengucapkan terima kasih dan apresiasi sedalam-dalamnya kepada seluruh tokoh masyarakat, budayawan dan para seniman duta kecamatan se-Kabupaten Bangli, yang telah berpartisipasi mempersembahkan karya terbaiknya dalam pawai budaya ini.

Baca Juga :  Sedana Arta Pimpin Rombongan Penganyar Pemkab Bangli ke Pura Ulun Danu Batur

“Semoga dengan pagelaran budaya ini, akan dapat meningkatkan kecintaan masyarakat khususnya generasi muda terhadap keragaman seni budaya di Kabupaten Bangli,” tutup Sedana Arta.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News