Bela Negara
Pemkab Tabanan Gelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara Ke-74, Teguhkan Niat Bela Negara. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Sebagai upaya untuk merefleksikan perjuangan dan pengorbanan para pahlawan kusuma negara guna mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia, Pemkab Tabanan menggelar upacara Peringatan Hari Bela Negara ke-74 yang dirangkaikan dengan Hari Kesadaran Nasional di halaman depan kantor Bupati Tabanan, Senin (19/12/2022).

Peringatan yang mengusung tema ‘Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku’ ini dipimpin oleh Bupati Tabanan yang diwakili oleh Sekda  I Gede Susila. Turut hadir dalam upacara tersebut para Asisten dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Tabanan, para Kabag di lingkungan Setda Tabanan, serta ratusan ASN yang penuh semangat mengikuti kegiatan.

Sekda I Gede Susila yang membacakan sambutan Presiden RI mengatakan, melalui peringatan ini agar meneguhkan niat kita bahwa upaya membela negara adalah upaya bersama yang dilakukan oleh seluruh komponen bangsa. Seluruh warga negara harus memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan bela negara.

“Kita harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang. Oleh karena itu, kita harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif dan berdaya saing serta memiliki kesadaran bela negara,” ujar Susila.

Baca Juga :  Serbuan Vaksinasi Kodam IX/Udayana di Tabanan Diserbu Warga

Dijelaskan juga bahwa bela negara adalah sikap, prilaku dan tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah serta keselamatan bangsa dan negara. Bela negara juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggungjawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Nilai dasar bela negara adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara dan kemampuan awal bela negara. Nilai-nilai inilah yang harus terus diimplementasikan dalam program pembinaan kesadaran bela negara, baik itu di lingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan maupun lingkunagn masyarakat pada umumnya,” pinta Susila.

Baca Juga :  Jalan Santai di Kediri Meriahkan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI

Selain itu, pihaknya juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggungjawab sesuai dengan peran dan profesi masing-masing untuk ikut serta dalam bela negara. Dimana usai upacara peringatan, Sekda I Gede Susila menyerahkan piagam ASN Purna Bhakti dilanjutkan dengan penyerahan piagam pemenang lomba.

Sekda Susila mengawali penyerahan dengan menyerahkan piagam Purna Bhakti kepada 3 Orang perwakilan ASN, kemudian dilanjutkan menyerahkan piagam kepada pemenang lomba membuat sambutan Bupati, Lomba membuat telahan staf, lomba paparan inovasi program Pemkab Tabanan, tingkat kepatuhan disiplin ASN, keterbukaan informasi publik, kepatuhan terhadap standar pelayanan, perangkat daerah terinovatif, keterjangkauan informasi di media sosial, capaian pemenuhan pengembagan kompetensi 20 jam pelajaran serta Best ASN 2022.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini