fk unud
FK Unud dan Kementerian Kesehatan RI Kampanyekan Pentingnya Keselamatan Pasien. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam rangka membangun budaya keselamatan pasien menuju zero harm di fasilitas pelayanan kesehatan dan mendukung program Global Patient Safety Plan 2021-2030, Kementerian Kesehatan RI melalui Direktorat Mutu Pelayanan Kesehatan menyelenggarakan ‘Kampanye dan Advokasi Keselamatan Pasien di Fasyankes Organisasi Profesi, Asosiasi Pendidikan dan Masyarakat’ secara hybrid dengan titik lokasi utama di ruang Dr. A.A. Made Djelantik, Gedung FK, Denpasar pada Kamis (13/10/2022).

Dihadiri oleh peserta dari kalangan mahasiswa/residen jenjang profesi dan spesialis, kampanye ini bertujuan untuk memberikan, mengedukasi dan meningkatkan pemahaman para peserta didik dalam hal konsep-konsep yang terkait dengan keselamatan pasien.

Baca Juga :  Rektor Unud Serahkan Sertifikat Penghargaan kepada Mahasiswa Program IISMA

Dekan FK Unud, Dr. dr. Komang Januartha Putra Pinatih, M.Kes yang hadir secara luring dalam sambutannya menyampaikan bahwa keselamatan pasien merupakan isu global yang sudah menjadi perhatian dunia serta WHO, karena keselamatan pasien memberikan pengaruh bukan hanya dari aspek bidang kesehatan, tetapi juga berpengaruh dalam aspek ekonomi.

“Kita sebagai dokter merupakan komponen penting dalam menjaga keselamatan pasien sehingga bisa mengoptimalkan mutu pelayanan. Adik-adik sebagai residen, wajib memahami konsep-konsep keselamatan pasien dan mengimplementasikannya pada saat melayani pasien,” ucapnya.

Baca Juga :  BEM-KM Fapet Unud Gelar Sosialisasi Reproduksi Ternak dan Inseminasi Buatan pada Ternak Sapi dan Babi di Desa Babahan

Dekan juga berharap semoga kunjungan kampanye ini memberikan pemahaman yang lebih komprehensif dan para mahasiswa serta residen bisa mengimplementasikan konsep-konsep keselamatan pasien sehingga kedepan angka kejadian terkait keselamatan pasien dapat ditekan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dan sesi diskusi dari Kemenkes yang pada kesempatan ini diwakili dr. Astri Hernasari, MM., FISQua selaku administrator kesehatan direktorat mutu pelayanan kesehatan. (unud.ac.id/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini