Pancasila
Peringatan Hari Lahir Pancasila di Buleleng Sampai ke Tingkat Desa/Kelurahan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Ada yang berbeda dalam peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni Tahun 2021 di Kabupaten Buleleng. Kali ini Momentum bersejarah ini diperingati di seluruh wilayah baik dari tingkat Kecamatan, Desa hingga Kelurahan di Buleleng.

Bahkan hal tersebut hanya dilakukan di Kabupaten Buleleng dan berbeda dengan daerah lainnya. Mulai dari upacara peringatan Hari Lahir Pancasila hingga beragam kegiatan/lomba di masing-masing kecamatan.

Dalam Upacara Peringatan Lahirnya Pancasila yang dilaksanakan pada Selasa (1/6/2021) kemarin. Dilaksanakan di seluruh kantor camat, desa/kelurahan di Buleleng dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Selain itu, pelaksanaan Bulan Bung Karno III di Bali tahun ini mengambil tema “Wana Kerthi Taru Prana Bhuwana” yang berarti pohon (hutan) sebagai nafas bumi (dunia). Selain gerakan penanaman pohon dan kebersihan juga ada kegiatan lainnya yangmana lomba tersebut sudah dimulai sejak 10 Mei 2021 hingga 10 Juni 2021 mendatang, seperti;  lomba vlog, penerapan protokol kesehatan Covid-19 dalam pelaksanaan upacara panca yadnya, lomba vlog UKM Bali Bangkit Mesari serta lomba video dokumenter aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam tataran pelaksanaan Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

Baca Juga :  Nyoman Dari Bali, Penyelenggaraan Pemilu di Buleleng Aman Terkendali

Selain itu juga ada lomba dokumenter pengolahan sampah berbasis sumber di desa. Sedangkan kegiatan webinar yang mengambil tema memaknai dan mengkontektualisasi Tri Sakti Bung Karno yang akan digelar pada tanggal 6 Juni mendatang.

Sebelumnya, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana yang ditemui usai mengikuti peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2021 di Istana Negara secara virtual dari Kantor Bupati Buleleng, Selasa (1/6/2021).

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News