RSPTN Unud
Sumber Foto : Istimewa

​BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Rektor Universitas Udayana meresmikan secara daring operasional Gedung 6 Rumah Sakit (RSPTN) Universitas Udayana, Rabu (27/1/2020). Gedung dua lantai ini dibangun untuk pelayanan khusus pasien Covid-19 yang sebelumnya telah dilakukan di Gedung 3 RSPTN Unud. Penataan sarana dan prasarana di Gedung 6 ini pun telah disesuaikan dengan standar khusus ruangan isolasi.

​Gedung 6 memiliki fasilitas ruang perawatan, ruang ganti APD, serta 26 tempat tidur dengan ruangan bertekanan negatif. Ruang isolasi dengan tekanan negatif digunakan agar tidak terjadi penularan virus melalui udara. Selain itu, Gedung 6 telah dilengkapi jalur khusus bagi pasien Covid-19 dan tenaga medis yang bertugas, sehingga terpisah dengan pasien non Covid-19.

Baca Juga :  Dukung Kemajuan, Pj. Gubernur Bali S. M. Mahendra Jaya Tandatangani MoU Sister Province Jiangxi - Bali

​Rektor Universitas Udayana, Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S(K) mengapresiasi peresmian Gedung 6 yang diperuntukkan sebagai pelayanan pasien Covid-19. Pengerjaan perbaikan sarana dan prasarana Gedung 6 dilakukan selama dua bulan pada November dan Desember 2020, serta telah dilakukan peninjauan secara berkala.

“Saya berharap dengan dioperasikannya Gedung 6 ini, dapat memaksimalkan pelayanan pasien Covid-19, serta masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan,” harap Rektor.

​Direktur RSPTN Unud Prof. Dr. dr. Dewa Putu Purwa Samatra, Sp.S(K) mengatakan, dari total 26 tempat tidur yang tersedia di Gedung 6, saat ini telah terisi pasien Covid-19 sebanyak 13 orang. Sementara itu, terdapat 30 tempat tidur yang ruangannya akan diperbaiki karena kerusakan kecil yang selama ini digunakan untuk perawatan pasien Covid-19 sejak April 2020, serta 5 tempat tidur cadangan. Jika ditotalkan keseluruhan RSPTN Unud dapat menampung 140 tempat tidur.

​“Saat ini yang dioperasikan di Gedung 6 baru satu lantai sebanyak 13 bed. Minggu depan dioperasikan 13 bed lagi. Saat ini total pasien terisi 92 bed. Jika ditotalkan ada 105 bed, namun masih ada 30 tempat tidur yang ruangannya akan diservis karena kerusakan kecil. Ada cadangan tempat tidur lagi 5, sehingga RSPTN Unud bisa sampai menampung 140 pasien,” paparnya.

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News