Safari Kesehatan
Tingkatkan Kesehatan Masyarakat Secara Menyeluruh, Pemkot Denpasar Kembali Gelar Safari Kesehatan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Kesehatan Kota Denpasar kembali melaksanakan Safari Kesehatan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-60 Tahun 2024 bertempat di Banjar Batu Bolong, Desa Padang Sambian Kelod, Kecamatan Denpasar Barat pada Jumat (12/7/2024). Pelaksanaan kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesehatan masyarajat secara menyeluruh.

Turut hadir sekaligus melakukan peninjauan Safari Kesehatan Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa didampingi Kadis Kesehatan Kota Denpasar, dr. A.A Ayu Agung Candrawati, dan Sekretaris Camat Denpasar Barat, I Putu Eka Pertama.

Kadis Kesehatan Kota Denpasar, dr. A.A Ayu Agung Candrawati saat ditemui disela kegiatan mengatakan, bahwa pelaksanaan Safari Kesehatan ini merupakan rangkaian Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-60 Tahun 2024, untuk lebih mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat

Dalam Safari Kesehatan kali ini, beberapa pemeriksanaan kesehatan yang dilayani kepada masyarakat antara lain promosi kesehatan, pemeriksaan kesehatan umum, pemeriksaan kesehatan gigi, screening Penyakit Tidak Menular (cek tensi, gula darah, asam urat dan kolesterol) serta pengobatan yang dilaksanakan oleh UPTD Puskesmas II Dinas Kesehatan Kecamatan Denpasar Barat.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Hadiri HUT Ke-37 Banjar Palagiri, Terus Bersinegi Dukung Pembangunan Berkelanjutan Menuju Denpasar Maju

“Kami berharap dengan pelaksanaan ini masyarakat dapat lebih intensif dalam melakukan pengecekan kesehatan. Terlebih dalam safari kesehatan ini tidak dipungut biaya dan menyasar lingkup banjar sehingga masyarakat dapat lebih mudah untuk melakuksn pengecekan kesehatan,” ujar Agung Candrawati.

Lebih lanjut dikatakan, safari kesehatan ini bekerjasama dengan RSUD Wangaya yang memberikan pelayanan fisioterapi, YPK (Yayasan Peduli Kemanusiaan Bali) yang memberikan pelayanan fisioterapi dan pemeriksaan THT, John Fawcett Foundation Indonesia (JFF) yang memberikan pemeriksaan kesehatan mata, pemberian kaca mata (+ atau -) dan obat tetes mata.

Baca Juga :  Auto2000 Sapa Pelanggan di Bali dengan Customer Gathering Hilux Rangga

Selain itu, pelayanan juga diberikan Poltekkes Kemenkes Denpasar yang memberikan pelayanan kesehatan komplementer, edukasi dan pameran produk untuk pencegahan stunting serta partisipasi dari Klinik Eswen Medica yang memberikan promosi kesehatan serta pemberian vitamin bagi masyarakat. Kegiatan safari kesehatan dilaksanakan bersamaan dengan posyandu balita & posyandu lansia.

“Tujuan kegiatan untuk memberikan pelayanan kesehatan terpadu dan komprehensif serta mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa berharap dengan adanya kegiatan Safari Kesehatan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-60 Tahun 2024 ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan baik. Hal ini utamanya untuk mendapatkan kesempatan untuk konsultasi kesehatan juga dapat meningkatkan pola hidup yang lebih baik.

Baca Juga :  Tri Perluas Jaringan Hingga Pelosok Bali dan Nusa Tenggara untuk Dukung Akselerasi Digitalisasi

“Kami mengajak masyarakat untuk memanfaatkan momentum safari kesehatan ini sebagai wahana konsultasi kesehatan dalam rangka mendukung terciptanya masyarakat Kota Denpasar yang sehat,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News