Parade
Riders Parade & Sunset Meet Up ARRC 2024 Pertama di Asia, Kenalkan Pesona The Mandalika Bersama Pembalap ARRC. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, MANDALIKA – Gelaran Riders Parade & Sunset Meet Up menjadi yang pertama di Asia, yang digelar di kawasan The Mandalika, Lombok Tengah, NTB, Indonesia. Riders Parade & Sunset Meet Up menghadirkan 12 pembalap dari beberapa negara Asia. Riders parade ini dimulai dari Pertamina Mandalika International Circuit dan berakhir di Kuta Beach Park (KBP), menjadi momen interaksi antara pembalap, komunitas, dan masyarakat.

Puncak acara berlangsung di KBP, dimana masyarakat dapat berinteraksi secara langsung dengan pembalap sambil menikmati pemandangan sunset yang memukau. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan keindahan The Mandalika sebagai ‘The Ultimate Lifestyle Sportstainment Destination’ melalui riders parade dengan local heroes asli Lombok, yang telah mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Local heroes asli Lombok, Arai Agaska Dibani Laksana pembalap tim Yamaha, serta tiga championship leader Hafizh Syahrin Abdullah asal Malaysia di kelas Asia Superbike 1000cc, Apiwath wongthananon asal Thailand di kelas Supersports 600cc, Muhammad Kiandra Ramadhipa asal Indonesia di kelas Asia Production 250cc, Nazirul Izzat Md Baharuddin asal Malaysia di kelas Underbone 150cc turut hadir menyapa masyarakat.

Dalam round 4 kali ini, sebanyak 94 pembalap dari 14 negara (Australia, China, Jerman, Hongkong, Indonesia, India, Jepang, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, Yaman) berpartisipasi. Dari Indonesia, hadir 36 pembalap muda yang tergabung dalam 14 tim balap. Keikutsertaan para pembalap muda Indonesia ini menunjukkan komitmen dan semangat tinggi dalam dunia balap motor.

Baca Juga :  Dorong Wirausaha Muda, Pertamina Galang Pertamuda di UGM

Deputy General Manager The Mandalika, Achmad Hussein menyampaikan, parade ini menjadi sarana bagi para pembalap untuk mempromosikan ajang ARRC yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Circuit, The Mandalika kepada dunia.

“Kehadiran para pembalap internasional ini diharapkan dapat menarik perhatian wisatawan dari seluruh dunia untuk mengunjungi The Mandalika, sekaligus memperkuat posisi Indonesia sebagai destinasi utama untuk olahraga balap motor dunia,” jelas Achmad.

Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria mengatakan, Pertamina Mandalika International Circuit siap mendukung pebalap Indonesia untuk berprestasi di tingkat dunia.

“MGPA memberikan kesempatan sebesar-besarnya bagi pembalap berlatih dan berlomba di Pertamina Mandalika International Circuit,” tambah Priandhi.

Sementara, Ron Hogg, Promotions Director of Two Wheels Motoracing (TWMR), menyatakan, ‘Riders Parade & Sunset Meet Up’ ini adalah acara yang luar biasa, tidak hanya menampilkan bakat-bakat hebat dari berbagai negara Asia, tetapi juga menunjukkan keindahan luar biasa dari The Mandalika.

Baca Juga :  Kanwil DJP Bali Kumpulkan Penerimaan Pajak Rp9,31 Triliun hingga Juli 2024

“Kami sangat bangga bisa menjadi bagian dari promosi destinasi ini. Para pembalap tidak hanya datang untuk balapan, tetapi juga sebagai duta untuk memperkenalkan The Mandalika kepada dunia. Ini adalah kesempatan luar biasa bagi Indonesia untuk menunjukkan pesonanya,” kata Ron.

Dari tim Honda, Andi Farid Izdihar, Muhammad Kiandra Ramadhipa, dan Veda Ega Pratama merupakan perwakilan generasi muda Indonesia di dunia motorsport, yang menunjukkan bahwa Indonesia memiliki talenta yang siap bersaing di level internasional. Selain itu, Tim TVS juga menghadirkan Mohd Ramdan Rosli dari Malaysia dan Sarthak Chavan dari India, serta Hafizh Syahrin Abdullah dari Malaysia dengan tim Ducati dan Aiki Iyoshi dari Jepang dengan tim Kawasaki, yang turut meramaikan parade ini.

Tidak hanya para pembalap internasional, parade ini juga diramaikan oleh kehadiran enam komunitas motor dari NTB yang ikut berpartisipasi. Mereka turut serta dalam memeriahkan acara dengan konvoi yang penuh semangat, menunjukkan solidaritas dan kecintaan mereka terhadap dunia balap motor. Kehadiran komunitas motor ini menambah warna dan keseruan parade, serta memperkuat ikatan antara komunitas lokal dan pembalap internasional.

Baca Juga :  Wabup Suiasa Lepas Atlet Pencak Silat Kontingen Bali Ke PON Aceh-Sumut 2024

Penonton yang hadir tidak hanya disuguhkan dengan aksi balap yang menegangkan, tetapi juga menikmati momen sunset yang mempesona diiringi lantunan musik dari DJ di KBP.

Riders Parade & Sunset Meet Up ARRC 2024 tidak hanya mempererat hubungan antara para pembalap dan penggemar, tetapi juga mengukuhkan The Mandalika sebagai ‘The Ultimate Lifestyle Sportstainment Destination’.

“Kami berharap melalui perhelatan ARRC 2024 ini dapat memberikan dampak ekonomi yang signifikan bagi kawasan The Mandalika. Akomodasi di sekitar kawasan The Mandalika mengalami peningkatan dan terisi penuh. Selain itu, sektor F&B juga mengalami lonjakan pengunjung, yang berkontribusi pada peningkatan pendapatan pelaku usaha lokal. Ini adalah bukti nyata bahwa The Mandalika semakin memperkokoh posisinya sebagai destinasi wisata dan olahraga unggulan yang memberikan manfaat langsung bagi perekonomian daerah,” tutup Achmad.

Untuk informasi lebih lanjut dan update menarik, penggemar dapat mengikuti akun Instagram @themandalikagp dan @itdc_id. Acara ini menjadi tonggak penting dalam mempromosikan Indonesia di mata dunia. Gelaran Asia Road Racing Championship (ARRC) 2024 pada 26-28 Juli 2024.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News