Honda e:N1
Honda Kenalkan Honda e:N1, Mobil Listrik Pertama Hasil Riset di Indonesia. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TANGERANG – PT Honda Prospect Motor memperkenalkan Honda e:N1 sebagai mobil listrik pertamanya untuk Indonesia pada konferensi pers GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada tanggal 17 Juli 2024. Model ini dipilih Honda sebagai mobil listrik pertamanya setelah berhasil melakukan riset mendalam mengenai penggunaan mobil listrik di Indonesia. Honda e:N1 merupakan mobil listrik pertama Honda yang akan diluncurkan untuk pasar Indonesia pada tahun 2025 mendatang.

Perkenalan Honda e:N1 merupakan bagian dari roadmap Honda di Indonesia menuju visi elektrifikasi. Untuk mencapainya, Honda telah melakukan riset dan studi untuk mempelajari kebiasaan dan kebutuhan konsumen dalam menggunakan kendaraan listrik. Dalam melakukan riset tersebut, Honda melakukan kolaborasi bersama institusi pemerintah dan pendidikan dengan produk listrik Honda terbaru yaitu Honda N-VAN e:Prototype dan Honda e. Honda kemudian memperkenalkan Honda e:N1 sebagai kendaraan listrik pertama Honda di pasar Indonesia di mana produk ini merupakan mobil listrik (EV) SUV pertama Honda di dunia.

SUV listrik Honda ini pertama kali diperkenalkan di China pada tahun 2022 dengan nama Honda e:NS1 dan e:NP1 dan diperkenalkan untuk pasar Eropa pada pertengahan tahun 2023 dengan nama Honda e:NY1. Sementara untuk kawasan asia tenggara, model ini diproduksi pada akhir tahun 2023 dan secara resmi diperkenalkan pada pasar Thailand pada awal tahun 2024 lalu.

Sebagai sebuah mobil listrik SUV, Honda e:N1 cocok untuk digunakan di berbagai daerah di Indonesia yang memiliki karakter jalan yang beragam. Mobil ini mengusung baterai lithium-ion berkapasitas 68.8 kWh sehingga dapat digunakan untuk jarak tempuh maksimum 500 km untuk sekali pengisian daya. Selain itu, Honda e:N1 yang ditampilkan telah mengusung teknologi fast charging dengan waktu pengisian 50 menit untuk 80% kapasitas baterai. Honda e:N1 menawarkan desain futuristik dengan 15.1 inch Display Audio yang futuristik serta juga dilengkapi dengan 10.25 inch TFT Meter.

Baca Juga :  SCOP3 Group Umumkan Kerjasama dengan Agora Mall di Thamrin Nine untuk Perkuat Brand Presence

Yusak Billy selaku Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM mengatakan bahwa, mobil listrik Honda memiliki nilai lebih karena dirancang di atas pengalaman pengembangan beragam teknologi, serta telah teruji melalui berbagai produk yang diterima oleh konsumen selama puluhan tahun.

“Kami juga melakukan studi mendalam mengenai kebutuhan dan penggunaan mobil listrik di Indonesia sehingga menawarkan sebuah model yang benar-benar sesuai untuk konsumen di Indonesia,” jelas Yusak Billy.

Sejak berdiri sebagai perusahaan mobilitas di tahun 1948, Honda telah memiliki visi untuk mengembangkan teknologi yang memudahkan dan membantu mobilitas dari konsumennya, termasuk visi jangka panjangnya yang ramah lingkungan. Honda mengembangkan mesin rendah emisi yang dinamakan CVCC (Compound Vortex Controlled Combustion) yang efisien bahan bakar sehingga mendapat penghargaan dari EPA (Environmental Protection Agency) di Amerika Serikat dari tahun 1974 hingga 1978.

Selanjutnya di akhir 1980-an, Honda memperkenalkan teknologi VTEC (Variable Valve Timing and Lift Electronic Control) untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar pada kecepatan rendah dan performa pada kecepatan tinggi. Kemudian pada akhir 1990-an, Honda memperkenalkan mesin hybrid, Integrated Motor Assist (IMA), sistem yang menggabungkan mesin bensin kecil dengan motor listrik untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Baca Juga :  Perbandingan Honda Vario 160, Stylo 160, PCX 160, dan ADV 160, Mana yang Lebih Baik?

Tidak hanya hybrid, pada tahun 1997 Honda memperkenalkan mobil listrik pertamanya di dunia melalui Honda EV Plus. Di tahun 2008, Honda memperkenalkan mesin Fuel Cell menggunakan bahan bakar hidrogen yang hanya mengeluarkan air sebagai emisinya. Tak berhenti disitu saja, Honda terus mengembangkan mesin Earth Dreams yang menghasilkan rangkaian mesin turbo dan hybrid yang lebih efisien. Honda juga mengembangkan mesin Plug-in Hybrid sebagai komitmen terhadap mobilitas yang berkelanjutan. Pengembangan mobil listrik Honda terus berlanjut hingga pada tahun 2019 di mana Honda mengumumkan Honda e:TECHNOLOGY untuk seluruh produk elektrifikasinya.

Hingga tahun ini, Honda telah memiliki berbagai lini produk elektrifikasi yang telah diperkenalkan di berbagai belahan dunia. Di kawasan Amerika Utara, Honda telah meluncurkan Honda Prologue dan Acura ZDX dan untuk kawasan Eropa Honda telah meluncurkan Honda e:NY1. Sementara itu di pasar jepang Honda memiliki Honda N-VAN e, sebuah model Kei Car yang sangat populer yang memiliki desain yang fungsional. Kemudian di wilayah China, Honda memiliki model Honda e:NS1 dan Honda e:NP1.

Pada awal tahun 2024, Honda memperkenalkan Honda CR-V e:FCEV, kendaraan pertama di Amerika Serikat (AS) yang menggabungkan sistem sel bahan bakar hidrogen dengan kemampuan pengisian daya plug-in. Tidak berhenti di situ, Honda kemudian melakukan pengembangan kendaraan yang berkelanjutan dengan memperkenalkan Honda Zero Series yang dinamakan Saloon dan Space-Hub. Kedua model ini akan diluncurkan pada tahun 2026 serta akan diperkenalkan secara global. Mobil ini dirancang sebagai kendaraan listrik yang memiliki ukuran baterai yang lebih efisien serta memiliki kapasitas jangkauan yang lebih jauh.

Baca Juga :  Fungsionaris DPP PKB Rencanakan Muktamar Ulang di Jakarta pada 2-3 September, Konsultasi Intensif dengan PBNU

Kedepannya untuk mendukung visi Honda secara global untuk netralitas karbon di tahun 2040, Honda di Indonesia juga akan mengumumkan akan meluncurkan produk baru pada tahun 2025 termasuk produk yang akan diproduksi di Indonesia. Honda secara global juga akan memperkenalkan setidaknya 30 model berbasis elektrik secara global hingga tahun 2030, dengan total produksi menjadi 2 juta unit per tahunnya. Honda berusaha mewujudkan netralitas karbon untuk semua produk dan aktivitas perusahaan pada tahun 2050.

Bagi konsumen yang tertarik dengan kendaraan listrik pertama Honda ini dapat mengunjungi ajang GIIAS 2024 yang diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD mulai dari tanggal 18 – 28 Juli 2024 dimana booth Honda akan berlokasi di Hall 6B. Selain menghadirkan aktivitas pada peluncuran hari ini, booth Honda juga mengadakan aktivitas menarik diantaranya mulai dari permainan menarik di zona-zona produk hingga mengendarai produk elektrifikasi Honda yaitu Honda Motocompacto.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News