Pemerintah Kabupaten Tabanan Hadiri Seremonial Pelaksanaan Mepandes Bersama Krama Tabanan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M dalam hal ini diwakili oleh Sekda I Gede Susila, hadiri sekaligus memberikan sambutan dalam acara Seremonial Pelaksanaan Mepandes Bersama Krama Tabanan. Kegiatan Yadnya kerjasama pemerintah dan Yayasan Angel Hearts Bali, digelar di Gedung Kesenian I Ketut Marya Tabanan, Minggu (26/5/2024).

Kegiatan Mepandes Bersama yang mengambil tema “Yayasan Angel Hearts Bali Hadir untuk Melayani, Berbagi dan Berbakti” tersebut, nampak dihadiri oleh Ida Sulinggih Lanang dan Istri sekaligus Jero Mangku Lanang Istri, Ida Cokorda Anglurah Tabanan, Jajaran Forkopimda, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Para Kepala OPD Terkait di lingkungan Pemkab dan Para Kepala Bagian, Camat Tabanan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tabanan, Ketua PHDI Tabanan dan Founder Yayasan Angel Hearts Bali.

Diikuti dengan penuh antusias, sebanyak ratusan peserta terdaftar dalam kegiatan ini. Terdiri dari 403 peserta metatah, 25 orang peserta otonan, 110 orang peserta tiga bulanan, 82 orang peserta mepetik, 125 orang menek kelih dan 9 orang peserta sudi wedani dengan jumlah peserta total sebanyak 521 orang.

Dalam sambutan Bupati Tabanan yang dibacakan oleh Sekda Susila, atas nama Pemerintah Kabupaten Tabanan menyampaikan selamat dan terima kasih atas terselenggaranya upacara manusa yadnya ini. Sekaligus berharap, melalui acara ini memberikan kemudahan dalam berpikir, berkata, berbuat serta melaksanakan petunjuk dan perintah agama dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :  Peringati Bulan Bung Karno, Pemkab Tabanan Gelar Giat Merawat Pertiwi Taman Gumi Banten di Pura Luhur Batukau

Di kesempatan itu, pihaknya menjelaskan terkait 6 musuh yang dihadapi dalam hidup sebagai manusia, yakni sad ripu. Di mana, salah satu tradisi spiritual yang mampu menghilangkan musuh-musuh tersebut adalah melalui mepandes.

“Jadi pada hari ini setelah mepandes, saya ingin kepada semuanya untuk dapat melepaskan atau membuang hal-hal buruk atau kesalahan-kesalahan di masa lalu. Mulailah hidup dengan mengikuti petunjuk dan perintah agama, karena mepandes ini adalah simbol dari lepasnya musuh-musuh yang ada pada diri kita,” jelasnya.

Melalui pidato tersebut, Susila menambahkan, para orang tua, wajib memberikan pengetahuan yang baik kepada anak-anaknya.

“Sebab di jaman ini, jaman yang sering disebut jaman Kaliyuga, pengetahuan yang paling penting bagi masa depan anak cucu kita adalah pengetahuan agama, karena jika pengetahuan agama sudah kuat, kedepannya akan selalu membawa kebaikan dalam berjalannya kehidupan,” imbuhnya.

Pihaknya seraya mengajak semeton semua untuk bersama-sama menjadikan momen ini sebagai momen kebersamaan untuk menghilangkan semua musuh pada diri.

“Momen untuk instrospeksi atau mulat sarira, menata kembali sikap dan perilaku kita dalam menjaga keharmonisan dengan alam, dengan sesama dan dengan sang Pencipta, sehingga bisa memberikan vibrasi positif bagi kehidupan kita untuk selalu bersama mewujudkan keharmonisan, kedamaian dan jagaditha menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani,” papar Susila.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Hadiri Upacara Ngaben Bersama di Desa Tista dan Marga
Pemerintah Kabupaten Tabanan Hadiri Seremonial Pelaksanaan Mepandes Bersama Krama Tabanan. Sumber Foto : Istimewa

Menyambut antusias masyarakat dan apresiasi dari Pemkab Tabanan, Ketua Angel Heart Bali, Ibu Linda Anugerah menyampaikan, Upacara mepandes adalah upacara penyucian diri yang sebenarnya merupakan tanggungjawab orang tua kepada putra-putrinya, dalam hal ini Yayasan tidaklah mengambil tanggungjawab orang tua tetapi sejatinya membantu menfasilitasi pelaksanaan upacara.

“Kami menyadari, bahwa pandemi yang telah terjadi selama betahun-tahun meruntuhkan banyak sendi-sendi perekonomian warga Bali termasuk sebagan besar warga Tabanan. Untuk itulah kami Yayasan Angel Hearts Bali dengan dilandasi spirit Tat Twam Asi mengambil sedikit beban bapak ibu untuk melaksanakan upacara mepandes bersama, sesuai dengan tema upacara kali ini adalah yayasan Angel Hearts Bali hadir untuk melayani berbagi dan berbakti,” tandasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News