Bawa Barang di Motor
Ingin Bawa Motor Saat Naik Motor? Ini Tips #Cari_Aman dari Honda. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Sepeda motor adalah salah satu alat transportasi yang sangat praktis dan mudah untuk digunakan. Selain untuk melancarkan aktivitas sehari-hari, sepeda motor juga digunakan untuk membawa barang bawaan bahkan terkadang melebihi kapasitas.

Hal ini tentu saja sangat berbahaya bagi diri sendiri maupun bagi pengendara lainnya saat dijalan raya. Untuk itu perlu diperhatikan hal-hal penting agar barang yang dibawa dengan menggunakan sepeda motor tidak menimbulkan bahaya.

Berikut adalah tips yang ingin dibagikan oleh tim safety riding Astra Motor Bali untuk para pengendara motor yang ingin membawa barang bawaan, yaitu:

Gunakan Pengikat yang aman

Saat barang bawaan diletakkan didepan ataupun di belakang pengendara pastikan dalam kondisi stabil dengan cara barang terikat secara aman, gunakan tali yang khusus (bisa dengan tali karet atau potongan ban) untuk memastikan barang terikat dengan baik.

Baca Juga :  Terima Kunker Komisi VIII DPR RI, Pj Gubernur Bali Optimis Dengan Semangat “Ngrombo” Kemiskinan Ekstrem di Bali Tuntas

Perhatikan Ketinggian Barang

Untuk menjaga keseimbangan dan kestabilan pengendara, pastikan tinggi barang yang dibawa maksimal 90 cm atau tidak lebih tinggi dari tinggi pengendara agar tetap nyaman apalagi saat terkena angin.

Upayakan Barang Tidak Lebih dari Lebar Setang Motor

Harus diingat bahwa ada peraturan yang melarang pengangkutan barang yang melebihi setang motor. Untuk itu perlu diperhatikan bahwa lebar barang yang dibawa maksimal selebar stang sepeda motor agar mudah mengendalikan sepeda motor saat kondisi di jalan sempit.

Baca Juga :  Paddock Astra Honda Kembali Terisi di Junior GP Barcelona

Batas Maksimum Berat Barang

Kenyamanan saat berkendara wajib diperhatikan apalagi kita sadari akan membawa barang bawaan yang cukup banyak, untuk itu pastikan berat barang tidak lebih dari 50 kg agar motor kuat melaju.

Prediksi Bahaya

Waspada dan melatih Analisa bahaya adalah hal yang penting saat berada dijalan raya apapun kondisinya. Lakukan prediksi bahaya saat berkendara maupun saat berada dijalan raya dengan memperhatikan kondisi jalan raya, kendaraan di depan maupun di belakang, kondisi motor yang dipakai dan pandangan pengendara sehingga sampai tujuan dengan selamat.

Baca Juga :  Ketua WHDI Kota Denpasar Buka Pelatihan Membuat Banten Otonan di Banjar Tegal Kuwalon

Safety Riding Instructor Astra Motor Bali, Yosepth Klaudius mengatakan dengan kepraktisan dan efisiensi menggunakan sepeda motor untuk membawa barang bawaan menjadi pilihan populer bagi masyarakat.

“Namun patut untuk diperhatikan, jangan sampai lalai dan bijaklah saat memutuskan untuk menggunakan sepeda motor dalam perjalanan,karena kenyamanan dan selalu #Cari_Aman dijalan raya prioritas utama bagi penegndara agar perjalanan tetap menyenangkan serta selamat sampai ditujuan,” tutup Yoyo.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News