Longsor
Longsor di Desa Gegelang Putus Akses Warga, Alat Berat Kesulitan Jangkau Lokasi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Aktivitas warga di Banjar Kalanganyar, Desa Gegelang, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, terhambat akibat longsor yang memutus akses jalan pelintas di wilayah tersebut. Material longsor belum dapat dibersihkan secara maksimal karena terkendala akses jalan yang licin dan sempit, serta kondisi jalan beton yang dikhawatirkan rusak jika dilalui alat berat.

“Kondisi jalan masih licin, selain itu jalan beton juga. Sehingga kita akan kordinasikan dulu karena jika dilewati alat berat kemungkinan menyebabkan kerusakan, sementara alat berat belum berani masuk ke sana, tadi sudah disurvei oleh pihak ketiga untuk menentukan jenis dan ukuran alat berat yang dibutuhkan untuk penanganan,” kata Kalaksa BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa dikonfirmasi, Sabtu (20/4/2024).

Baca Juga :  Gede Dana Dapat Restu Maju Pilkada Karangasem, Bakal Calon Wakil Bupati Muncul Dua Nama

Sementara itu, salah seorang warga setempat, Juniasa mengatakan sampai saat ini belum ada kendaraan yang bisa dan berani untuk melintasi jalur pelintas tersebut. Belasan KK nyaris terisolir, namun untungnya jalur sudah bisa dilalui meski hanya sebatas dengan berjalan kaki.

“Kalo jalan kaki bisa lewat, cuma untuk ke pasar warga harus jalan cukup jauh sekitar 1 kilometer. Untuk penanganan katanya akan ada alat berat yang didatangkan, tapi sampai sore ini belum ada datang,” ujarnya.

Di sisi lain, pemilik gudang kayu yang terdampak longsornya jalur pelintas tersebut secara mandiri mulai melakukan pembersihan. Sejumlah mesin yang terkena lumpur juga mulai dibersihkan dan rencananya pemilik akan mencoba memperbaikinya kembali.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News