Kepala Sekolah
Kadisdikpora Karangasem, I Wayan Sutrisna. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Posisi kepala sekolah pada puluhan sekolah dasar yang ada di Kabupaten Karangasem kosong sejak awal bulan Januari hingga pertengahan bulan Maret 2024 ini.

Akibat adanya kekosongan tersebut, jabatan kepala sekolah untuk sementara diisi oleh pelaksana tugas (PLT) sebelum nantinya dilakukan pengisian kepala sekolah definitif oleh Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem.

“Ya ada sekitar 27 Sekolah Dasar dan 1 SMP di Karangasem yang selama ini posisi atau jabatan kepala sekolah masih diisi PLT, rencananya Maret ini kita akan tuntaskan agar memiliki Kepala Sekolah Definitif, ” kata Kadisdikpora Karangasem, I Wayan Sutrisna kepada wartawan baru-baru ini.

Untuk pengisiannya sendiri akan dilakukan sesuai dengan arahan pusat dimana untuk kandidat pengisian kepala sekolah berasal dari guru penggerak yang ada di Kabupaten Karangasem. Meski demikian proses seleksi tetap dilakukan terhadap seluruh guru penggerak yang telah memenuhi kualifikasi.

Baca Juga :  Tari Rejang Iringi Bhakti Penganyar Pemkab Buleleng di Pura Agung Besakih

Sampai saat ini, jumlah guru penggerak yang ada di Kabupaten Marangasem ada lebih dari 100 guru penggerak. Mereka yang menjadi guru penggerak ini melalui seleksi dan melakukan pendaftaran secara mandiri dimana prosesnya langsung ke pusat.

“Ini memang ketentuan pusat, nantinya pengisian jabatan kepala sekolah dari guru penggerak akan menjadi indikator dalam pemberian Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik dari pemerintah pusat,” terang Sutrisna.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News