TNI
Pangdam IX/Udayana Resmi Ditutup TMMD Ke-119 di Bukit Catu Karangasem. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Setelah sebulan penuh berjibaku menembus terjalnya medan di Bukit Catu, Desa Selumbung, Kecamatan Manggis, Karangasem, Progran Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 Kodim 1623 Karangasem resmi ditutup.

Upacara penutupan TMMD berlangsung pagi ini, Rabu (20/3/2024) di lapangan SMAN 1 Manggis di Desa Ulakan, Karangasem yang dihadiri langsung oleh Pangdam IX/Udayana, Maijen TNI Bambang Trisnoadi, Bupati Karangasem, I Gede Dana, Dandim 1623/Karangasem, Letkol Inf. Sutikno dan Kapolres Karangasem, AKBP I Nengah Sadiarta.

Pangdam IX Udayana, Maijen TNI Bambang Trisnoadi dalam kesempatan itu mengatakan, Program TMMD ini dilaksanakan sebagai upaya untuk memberdayakan masyarakat dan desa dengan membangun atau merehabilitasi sarana prasarana wilayah serta fasilitas umum yang secara langsung dapat menyentuh kepentingan masyarakat setempat.

Selain itu, TMMD merupakan sarana implementasi pemerintah dalam upaya pemberdayaan wilayah pertahanan secara dini serta meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah untuk kepentingan pertahanan negara dan mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh, guna memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa, tegas Pangdam IX/Udayana yang sekaligus sebagai Pengendali kegiatan Operasi TMMD.

Baca Juga :  Nasib Sopir AJP Terancam, Kontrak Diujung Tanduk

“Sasaran fisik TMMD ke-119 Tahun 2024 di wilayah Kodam IX/Udayana diantaranya pembangunan infrastruktur baik fasilitas umum maupun sosial, berupa pembukaan jalan baru, pelebaran badan jalan, pembangunan jembatan, pembuatan senderan, pembangunan ruang kelas dan renovasi MCK,” ujarnya.

Lebih jauh, disamping fisik juga terdapat sasaran non fisik berupa penyuluhan dan sosialisasi tentang bela negara, wawasan kebangsaan, stunting dan pelayanan kesehatan, hukum, radikalisme, kamtibmas, narkoba serta materi lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat setempat. Sasaran-sasaran tersebut dapat dikerjakan dengan baik dan hingga saat ini telah tercapai 100 persen.

Baca Juga :  Pemprov Bali melalui Inspektorat dan BRIDA Berikan Bantuan Kemanusiaan Untuk Dua Anak Yatim Piatu di Desa Penaban

Selaku Pangdam IX/Udayana dan Pengendali Kegiatan Operasional TMMD, pihaknya mengucapkan terima kasih atas terlaksananya TMMD ke-119 TA 2024 yang berjalan aman dan lancar. Dukungan pemerintah daerah atas alokasi anggaran yang disiapkan menjadi hal yang sangat penting dan bermanfaat untuk membiayai semua sasaran yang telah dikerjakan dalam program TMMD kali ini.

“Saya menyampaikan permohonan maaf apabila dalam pelaksanaan TMMD ke-119 tahun 2024, terdapat tutur kata dan tingkah laku para Prajurit TNI yang tidak berkenan di hati masyarakat, semoga nantinya program ini bisa bermanfaat bagi masyarakat,” imbuhnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News