Paskibraka
Calon Paskibraka Kabupaten Buleleng Ikuti Test Kesamaptaan dan Parade PBB. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Setelah mengikuti test wawasan kebangsaan dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) pada minggu lalu, peserta calon Paskibraka Buleleng kini mengikuti test Kesamaptaan dan Parade PBB di Gor Bhuana Patra Singaraja, Rabu (20/3/2024).

Dalam test ini diikuti sebanyak 101 peserta calon Paskibraka seluruh siswa siswi SMA/SMK dan Madrasah se-Buleleng yang sudah lolos test wawasan kebangsaan. Test ini pun diawali dengan tes kesehatan, tes kesamaptaan lalu dilanjutkan parade PBB.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Komang Kappa Tri Aryandono ditemui disela pemantauan mengatakan, dalam pembentukan Paskibraka ini untuk memunculkan dan mencari bibit-bibit Paskibraka yang bernafaskan Pancasila serta menyebarkan ideologi Pancasila.

“Itu yang menjadi roh pemuda Paskibraka sejak tahun 2022 kemarin, sehingga harapan kami Paskibraka tidak hanya penggunaanya saat hari Kemerdekaan nanti tetapi sebagai duta Pancasila untuk menanamkan ideologi Pancasila sejak dini,” harapnya.

Baca Juga :  Komisioner KASN Apresiasi ASN Pemkab Buleleng

Lebih lanjut, Kaban Kappa menyebutkan bahwa Pemkab Buleleng pada tahun ini menargetkan 70 peserta anggota Paskibraka. Dimana setelah tahapan Kesamaptaan dan Parade PBB terakhir akan dilakukan tes kepribadian minat dan bakat sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Sementara itu, salah satu calon Paskibraka, Kadek Dwi Setia Lestari dari Sekolah SMK N 3 Singaraja mengungkapkan bahwasannya persiapan mengikuti test calon Paskibraka dilakukan dari sekolah dengan pelatihan fisik, PBB, dan memantapkan gerakan.

“Saya mengikuti calon Paskibraka kali ini berawal niat dari diri saya sendiri serta berkat dukungan kedua orang tua saya. Semoga saya bisa lolos menjadi Paskibraka,” tutupnya. (adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News