Bungan Desa
Bungan Desa Ke-46, Bupati Sanjaya Angkat Potensi Agrowisata di Desa Megati. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Dalam upaya menunjukkan kolaborasi dan meningkatkan keterlibatan langsung dengan Masyarakat guna mengangkat popularitas potensi unggulan Desa setempat, dalam hal ini potensi agrowisata, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., bersama Ny. Rai Wahyuni Sanjaya selaku Ketua TP PKK Tabanan, kembali jalankan program Bungan Desa atau Bupati Ngantor di Desa yang ke-46 di Desa Megati, Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan, Rabu (20/3/2024).

Rutin berkolaborasi dengan seluruh perangkat daerah dalam pelaksanaan Bungan Desa. Saat itu, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya yang juga selaku Bunda Literasi menyerahkan bantuan buku kepada petugas Perpustakaan keliling, sehingga menambah literasi bacaan di Perpustakaan keliling tersebut.

Saat berkantor di Desa Megati, orang nomor satu di Tabanan itu, menyampaikan apresiasi yang tulus kepada seluruh masyarakat, atas semangat dan kerja keras yang telah ditunjukkan dalam membangun dan mengembangkan potensi desa. Salah satu potensinya, yaitu potensi alam yang sangat memesona, dimana, Desa Megati juga merupakan Desa Agrowisata buah kelapa, alpukat durian dan padi.

Saat itu, Sanjaya juga mengajak serta seluruh OPD untuk memberikan pelayanan langsung kepada Masyarakat Megati, seperti yang selalu diimplementasikannya di Desa-desa sebelumnya di Tabanan.

“Saya datang ke Desa Megati untuk melayani Masyarakat. Apa yang dilayani, ternyata di Pemerintah Kabupaten Tabanan ada 40 OPD semua punya lokus pelayanannya di Desa. Dalam membangun Desa Megati, Pelaksanaan Bungan Desa untuk melihat langsung apa yang menjadi harapan warga, biar lebih tepat guna dan tepat sasaran. Ini salah satu sasaran kita berkantor di Desa. Sehingga, apapun yang kita miliki di sini, bisa kita implementasikan langsung, sehingga rakyat betul-betul merasa aman, ungul dan madani. Merasa nyaman, hidup di Tabanan, merasa Sejahtera, itu tujuannya,” jelas Sanjaya.

Kegiatan Bungan Desa diawali dengan membuka Sosialisasi Pendataan Awal Data Desa Presisi di Kantor Camat Selemadeg Timur dan lanjut bekerja di Kantor Perbekel Desa Megati. Agenda dilanjutkan dengan mengunjungi Perkebunan Alpukat. Bupati Sanjaya beserta Bunda Rai, menanam pohon alpukat, menyemprot pembasmi hama organik dan memanen buah pepaya. Pohon Alpukat yang ditanam adalah jenis alpukat cuba berusia 6 bulan yang bertempat di Perkebunan alpukat Desa Megati.

Baca Juga :  Silaturahmi ke PDI Perjuangan Tabanan, Golkar Tabanan Diajak Makan Siang Bersama

Di kesempatan itu, Sanjaya juga memberikan apresiasi dan dukungan terhadap wacana dari Kepala Desa, yang memproyeksikan Desa Megati sebagai kampung alpukat di masa depan. Di mana lahan hijau bisa diciptakan agar menjadi inspirasi bagi anak-anak muda dan desa lainnya.

“Astungkara saya berkantor di Desa diajak menanam dan melihat Alpukat, sangat tertarik, saya juga sedang mengembangkan bagaimana caranya bisa menginspirasi desa-desa yang lain. Karena perawatan alpukat tidaklah repot,” jelasnya. Dirinya juga sekaligus menjelaskan, genetik Tabanan yang sejak dahulu merupakan masyarakat yang agraris, dengan anugerah alam yang nyegara gunung, oleh sebab itu, Sanjaya menghimbau agar masyarakat tetap bergerak dan berkembang di sektor pertanian dengan pariwisata sebagai bonus.

Baca Juga :  Bunda PAUD Kembali Bagikan PMT dan APE Bagi Siswa dan Anak PAUD di TK Negeri Kerambitan

Kemudian, Bupati beserta jajaran juga mengunjungi rumah keluarga stunting yang berjumlah 5 orang dan bertempat di Desa Adat Jelijih Lebah, Desa Megati. Bantuan berupa sembako berupa 2 krat telur ayam, 2 liter minyak goreng, gula pasir, beras merah, kacang hijau dan biskuit, diberikan secara langsung oleh Ny. Rai Wahyuni Sanjaya selaku ketua TP PKK Kabupaten Tabanan yang saat itu mendampingi Bupati Sanjaya.

Tali kasih yang terulur saat itu, merupakan bentuk perhatian langsung dari Pemerintah dalam mewujudkan Tabanan Era Baru. Saat itu Sanjaya mengingatkan, bahwa para orang tua tidaklah berperan sendiri dalam membesarkan anak-anak, sebab Pemerintah Tabanan siap bersinergi melalui dinas sosial dan Perangkat Daerah lainnya untuk memberikan bantuan dan perhatian secara konsisten.

Mewakili masyarakat, Dewa Nyoman Sukerta selaku Perbekel Desa Megati, sampaikan antusiasme dan terima kasihnya kepada Bupati Tabanan dan jajaran atas perkenannya hadir dan secara langsung bisa melihat keadaan Desa.

Baca Juga :  Jajaran Pemkab Tabanan Ngaturang Bhakti Penganyar di Pura Ulun Danu Batur Bangli

“Program Bungan Desa sangat kami harapkan, dimana potensi unggulan di Desa adalah sektor pertanian. Selaku Kepala Desa, kami selalu memberikan motivasi khususnya kepada petani dan generasi muda untuk ikut serta membangun Desa Megati melalui sektor pertanian dan agrowisata,” jelasnya.

Sementara itu, terkait pelayanan yang secara signifikan memberikan pengaruh besar bagi masyarakat, ditanggapi langsung dengan sangat positif oleh warga Desa Megati. Salah satunya dari pengusaha setempat, yakni Yoga Antara dan Nyoman Suriyani yang saat itu hadir untuk mengurus ijin usaha.

“Dengan adanya kegiatan Bungan Desa dari Bapak Bupati, sangat membantu dan meringankan kami. Jadi, tidak harus ke Kabupaten atau kemana-mana, kita bisa mengurus di tempat dan mendapatkan surat dengan murah dan gampang, jadi sangat berguna bagi kami,” jelas Nyoman Suriyani yang saat itu mengurus ijin usaha ternak.

Turut hadir saat itu, Sekda Tabanan, Para Asisten Setda, Inspektur, Para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Tabanan dan Kepala Bagian di lingkungan Setda Tabanan, Para Camat se-Kabupaten Tabanan, para Pimpinan Instansi Vertikal di Kabupaten Tabanan, unsur Forkopimcam Selemadeg Timur, Perbekel dan Bendesa Adat serta Tokoh Masyarakat setempat.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News