Bulan Bahasa Bali
Sekda Buleleng Harap Generasi Muda Terdorong Pelajari Bahasa Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng, Gede Suyasa mendorong generasi muda untuk lebih intens mempelajari bahasa bali. Hal itu diungkapkan saat menghadiri sekaligus membuka peringatan Bulan Bahasa Bali ke-VI tahun 2024 di Wantilan Sasana Budaya, Senin (12/2/2024).

Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng kembali menggelar peringatan Bulan Bahasa Bali tahun 2024. Bulan Bahasa Bali merupakan program prioritas dalam upaya melestarikan, mengembangkan, dan memajukan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali. Melalui bulan bahasa bali diharapkan dapat menggugah generasi muda di Kabupaten Buleleng untuk mempelajari bahasa bali yang saat ini sudah beradaptasi dengan teknologi digital. Salah satunya pada penggunaan Keyboard bahasa Bali (Keyboard Tamiang).

Baca Juga :  Cegah Data Tercecer, Pemkab Buleleng Bentuk Relawan Pendataan Kemiskinan

“Belajar bahasa bali itu tidak tertinggal oleh zaman akan tetapi adaptif pada zaman global dan digitalisasi,” ucap Sekda Suyasa.

Lebih lanjut, Sekda Suyasa menuturkan jika bahasa Bali sudah beradaptasi dengan perkembangan teknologi maka seharusnya dapat mendorong generasi muda semakin mencintai bahasa mayoritas di pulau Bali tersebut.

“Hal ini mungkin bisa mendorong anak-anak muda yang ada di Buleleng lebih mencintai bahasa Bali. Tinggal nanti di sekolah harus ada penyesuaian terhadap tuntutan zaman dan sosial hidup masyarakat,” ungkap Gede Suyasa.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng, Nyoman Wisandika menjelaskan peringatan Bulan Bahasa Bali VI tahun ini bertema “Jana Kerthi Dharma Sadhu Nuraga”. Yang bermakna altar pemuliaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali sebagai sumber kebenaran, kebijaksanaan dan cinta kasih untuk memperkuat jati diri krama Bali. Dengan itu diadakan beberapa perlombaan guna meningkatkan kembali literasi tentang aksara dan sastra Bali.

Baca Juga :  Astika Pande Paparkan Potensi Metaverse untuk Pendidikan di DTIK Festival 2024

“Untuk di Kabupaten Buleleng sendiri digelar Lomba Bulan Bahasa Bali dengan tujuh kategori yang diikuti perwakilan dari masing-masing kecamatan se-Buleleng. Semua lomba diadakan di sekitar Wantilan Sasana Budaya,” ujarnya.

Adapun 7 kriteria lomba yang diselenggarakan, antara lain Lomba Nyurat Aksara Bali Tingkat Sekolah Dasar (SD), Lomba Nyurat Lontar Tingkat SMP, Lomba Debat Mebasa Bali Tingkat SMA/SMK, Lomba Ngewacen Lontar Tingkat Remaja, Lomba Pidarta Bahasa Bali Antar Bendesa Adat, Lomba Mesatua Bali antar Pakis dan Lomba Mengetik Aksara Bali dengan Keyboard Tamiang.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News