Timbunan Longsor
Sempat Tertimbun, Penyandang Disabilitas di Karangasem Berhasil Diselamatkan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – I Wayan Darsana seorang penyandang disabilitas berusia 13 tahun menjadi korban dalam musibah longsornya senderan tembok pura di Banjar Dinas Kecagbalung, Desa Seraya, Karangasem pada Sabtu (27/1/2024).

Saat musibah itu terjadi, Darsana sedang berada di dalam kamar seorang diri sementara ayahnya, I Wayan Sulatra sedang berada di luar rumah bersama ibunya. Kondisinya yang lumpuh membuat Darsana tak mampu menghindar dari longsoran yang menimpa rumahnya hingga akhirnya sempat tertimbun reruntuhan.

Beruntung, kejadian ini diketahui oleh orangtuanya sehingga langsung melakukan upaya penyelamatan dibantu oleh warga sekitar. Darsana akhirnya berhasil diselamatkan, hanya saja ia sempat tak sadarkan diri hingga akhirnya langsung dilarikan ke RSUD Karangasem untuk mendapatkan penanganan.

“Informasi dari ayah korban untuk penanganan dari pihak rumah sakit dilakukan observasi saja di Ruang UGD RSUD Karangasem, saat ini korban sudah bisa dipulangkan ke rumah menjalani rawat jalan. Korban mengalami luka lecet di kepala dan pergelangan tangan,” kata Kalaksa BPBD Karangasem, Ida Ketut Arimbawa saat dikonfirmasi.

Baca Juga :  KPU Karangasem Buka Peluang Bagi Warga untuk Jadi PPK dan PPS di Pilkada 2024

Sementara itu, akibat kejadian tersebut, bangunan rumah milik Sulatra tidak bisa ditempati karena material longsoran masih berada di dalam rumah. Selain itu, pertimbangan kondisi tanah yang ada di belakang rumahnya masih labil dan rawan longsor susulan sehingga untuk sementara penghuni rumah tinggal di rumah kerabatnya.

Di sisi lain, pasca kejadian personil TRC BPBD Karangasem langsung melakukan assessment ke lokasi kejadian. Personel yang datang sementara hanya bisa melakukan evakuasi terhadap beberapa Pelinggih saja sedangkan untuk material longsorannya masih belum bisa dievakuasi karena kondisi di lokasi masih sangat rawan terjadi longsor susulan dampak hujan yang mengguyur wilayah tersebut.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News