Besakih
Per 1 April 2024, Harga Tiket ke Pura Besakih Naik. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Badan Pengelola Fasilitas Kawasan Suci Pura Besakih kembali menaikkan harga tiket bagi wisatawan yang datang berkunjung ke Pura terbesar di Pulau Dewata ini. Kenaikan harga tiket ini mulai berlaku pada 1 April 2024 mendatang.

Untuk wisatawan mancanegara (wisman), harga tiket naik dari Rp90 ribu menjadi Rp150 ribu. Sedangkan untuk wisatawan domestik, harga tiket naik dari Rp50 ribu menjadi Rp90 ribu.

“Ya betuk, rencana per 1 April 2024 ini kita ada adjustment untuk tiket. Kita sudah publish, rilis, dan informasikan ke travel agent,” kata Kepala Badan Pengelola Fasilitas Kawasan Pura Besakih, I Gusti Lanang Muliarta baru-baru ini di Besakih.

Ia mengungkapkan, besaran kenaikan tiket ini sudah melalui serangkaian kajian, salah satu diantaranya yaitu peningkatan kualitas layanan hingga kenyamanan wisatawan saat berkunjung ke Pura Besakih. Selain itu, badan kengelola juga memiliki event tamu (wisatawan) boleh sembahyang bagi yang berkenan.

Baca Juga :  Sound System SD Negeri 5 Sibetan Raib Digondol Maling

“Untuk evant ini kita sudah bikin regulasinya agar semua terkontrol, seperti harus pakai pakaian adat bali, dresta bali, harus dipimpin pemangku dan di pura penataran serta tidak sedang halangan (datang bulan), tentu ini bagi mereka yang berkenan,” terang Muliarta.

Sementara untuk tahun 2023, kunjungan wisatawan ke Kawasan Pura Agung Besakih rata-rata mencapai 700 hingga 1.000 orang per hari. Kunjungan didominasi wisatawan mancanegara.

Ia berharap, dengan adanya event ditambah kerja sama dengan ASITA, pada tahun 2024 kunjungan wisatawan bisa alami peningkatan mengingat badan pengelola mempunyai target untuk menaikkan pendapatan.

“Tentu kita punya target, bahkan ber lipat dsri tahun lalu. Pada tahun 2023 ini, sejak awal bulan April hingga Desember pendapatan sekitar Rp13 miliar sampai Rp14 milliar,” tandasnya.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News