DTW
Pemkab Buleleng Targetkan Retribusi DTW Rp10 Miliar di Tahun 2024

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Melihat geliat pariwisata di Bali yang kian menunjukkan trend positif, sejalan dengan hal itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Buleleng menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi destinasi wisata sebesar Rp10 miliar di tahun 2024, target tersebut naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya dan setelah terealisasi sebesar 75 persen dari target PAD tahun 2023 sebesar Rp4,5 miliar.

Hal tersebut ditegaskan langsung Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng, Gede Dody Sukma Oktiva Askara, Rabu (8/1/2024). Pihaknya menjelaskan jumlah target tersebut sudah berdasarkan kajian dan mencanangkan berbagai strategi dalam mendongkrak kunjungan wisatawan berupa intensifikasi melalui media promosi dan pembinaan pengelola Daya Tarik Wisata (DTW), dan melalui penjajakan destinasi baru sehingga dapat menambah sumber PAD.

Baca Juga :  Satpol PP Buleleng Gelar Pendataan Penduduk Pendatang

Pada tahun 2024, Kadis Dody menerangkan jika dari DTW yang dimiliki Buleleng semenjak tahun 2023 dengan jumlah 10 DTW, bertambah menjadi 25 DTW yang masuk ke Peraturan Daerah (Perda).  Hal tersebut tentunya diharapkan harus berbanding lurus dengan pembenahan tata kelola DTW seperti mendorong untuk berbadan hukum dan legalitas usaha, serta digitalisasi pemasaran.

“Penyempurnaan pengelolaan DTW, diharpakan berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan masyrakat daerah disekitar DTW dan pengelola DTW,” terangnya.

Selain hal tersebut, calender of event yang menarik wisatawan juga terus digencarkan Dispar Buleleng bersinergi dengan komunitas, desa, ataupun pihak swasta dengan harapan hal tersebut menarik wisatawan yang datang dan dapat tentunya akan menggeliatkan subsektor ekonomi kreatif disana, bahkan tinggal di akomodasi sekitar event tersebut.

“Tidak kalah penting untuk mencapai target tahun ini yakni dukungan dari berbagai stakeholder dan pengembangan kualitas SDM pelaku pariwisata di Buleleng,” tutupnya.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News