KNPI Bangli
Peringati Hari Pahlawan, KNPI Kabupaten Bangli Gelar Lomba Baleganjur Piala Bupati. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional yang diperingati setiap tahun pada 10 November, Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI Kabupaten Bangli) menggelar Lomba Baleganjur Piala Bupati I tingkat SMP, SMA/SMK se Kabupaten Bangli.

Dengan mengusung tema ‘Bala Murthi’, acara dibuka secara resmi ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, bertempat di panggung utama alun-alun Bangli, pada Sabtu (11/11/2023).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Bangli, I Ketut Suastika, Forkompinda Kabupayen Bangli, Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Bangli, Ketua KNPI Provinsi Bali, Ketua KNPI Kabupaten/Kota se-Bali, Organisasi Kepemudaan di Kabupaten Bangli, serta undangan lainnya.

Ketua Panitia Lomba Baleganjur Piala Bupati I, I Kadek Mariana dalam laporannya menyampaikan, dengan eksistensi Gamelan Baleganjur yang luar biasa di kalangan masyarakat Bali,  KNPI Kabupaten Bangli berusaha memfasilitasi generasi muda dalam bidang seni Baleganjur, dengan mengadakan perhelatan Baleganjur tingkat SMP, SMA/SMK se-Kabupaten Bangli, mengingat pemuda Bangli memiliki potensi seni yang luar biasa sehingga perlu untuk difasilitasi.

Baca Juga :  Bupati dan Forkopimda Bangli Kampanyekan Anti Korupsi dengan Semangat dan Kreativitas

“Perlombaan ini merupakan ajang perhelatan seni budaya Bali, sebagai wadah untuk menampilkan berbagai karya kreatif masyarakat Bangli,” jelas Kadek Mariana.

Pada perhelatan ini Gamelan Balaganjur ditampilkan dalam format lomba. Mengacu pada tema yaitu ‘Bala Murti’ adalah sebuah proyeksi penggalian gagasan kreatif optimistis dari pada pasukan yang berteguh hati dalam upaya melawan musuh-musuhnya.

Tema ini diangkat berkorelasi dengan perhelatan yang diadakan pada bulan November dimana merupakan bulan pahlawan dalam perjalanan sejarah Indonesia.  Sehingga diharapkan dengan tema tersebut dapat melahirkan karya seni yang monumental serta dapat meningkatkan rasa nasionalisme terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kegiatan Lomba Baleganjur ini dilaksanakan selama dua hari yakni 11-12 November 2023, diikuti oleh 16 peserta SMP dan 5 peserta SMA/SMK se-Kabupaten Bangli, dengan jumlah siswa yang terlibat sebanyak 660 Orang.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini, terutama Pemerintah Kabupaten Bangli, yang dipimpin oleh Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta dan Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar, yang telah memfasilitasi segala bentuk kreativitas anak muda Bangli, khususnya perhelatan lomba baleganjur yang dilaksanakan hari ini. Alun-alun Bangli dengan fasilitas yang sebagian besarnya adalah untuk kepentingan kreativitas dan inovasi anak muda telah dibangun oleh Pemkab Bangli. Dengan Tag line ‘Bangli Jengah’,  ia berharap agar selalu terjalin sinergisitas antara pemuda dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangli.

Sementara itu Bupati Bangli dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada KNPI Kabupaten Bangli yang telah mampu menyelenggarakan lomba Baleganjur ini, yang mana kegiatan ini merupakan kegiatan positif dalam memberikan ruang gerak kepada generasi muda dalam berkreativitas.

Baca Juga :  Bupati Bangli Pimpin Rapat Persiapan Groundbreaking Bangli Sport Center Tahap I

“Selama dua tahun lebih Pemerintah Kabupaten Bangli selalu berusaha untuk mengisi dan memfasilitasi berbagai komunitas yang ada di Bangli. Saat ini Pemerintah Kabupaten Bangli juga telah melaksanakan pengadaan lahan seluas 6 hektar untuk pembangunan sarana olahraga yang standar,” ujar Sedana Arta.

Ia berharap kedepannya agar komunitas yang ada di Bangli, baik itu komunitas seni maupun olahraga harus terus dibina, sehingga dengan kehadiran pemerintah ruang bagi komunitas semakin terbuka untuk melibatkan diri dalam program pembangunan di Kabupaten Bangli.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Bupati Bangli mengajak seluruh anak muda Bangli bersatu, bahu membahu terlibat dalam Pembangunan di Kabupaten Bangli melalui kreativitas.(an/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News