Unud
Muhammad Eriansyah Sukses Raih Gelar Sarjana. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Muhammad Eriansyah Al Hakim, S.TP yang biasa dipanggil ERI sukses mendapatkan gelar Sarjana Teknologi Pangan (S.TP.) di Program Studi Teknologi Pangan Universitas Udayana yang akan di wisuda pada bulan desember 2023 mendatang dengan melakukan studi Pengaruh konsentrasi Penambahan Ekstrak Daun Belimbing Wuluh (Averrhoa Bilimbi. L) pada aktivitas antioksidan dan sensoris mayones dibawah bimbingan Dr. Gusti Ayu Kadek Diah Puspawati, S.TP., M.Si., dan Prof. Dr. Ir. I Nengah Kencana Putra, M.S.

Penelitian yang dilakukan adalah pembuatan mayones dengan ditambahkannya antioksidan alami dengan tujuan untuk meningkatkan kandungan antioksidan pada mayones yg bermanfaat baik untuk tubuh maupun memperpanjang daya simpan mayones.

Baca Juga :  Elon Musk Resmi Luncurkan Program Starlink di Puskesmas Pembantu Sumerta Kelod Denpasar

Umumnya mayones ditambahkan antioksidan sintetis seperti BHT (butyl hydroxyl toluene) atau BHA (butyl hydroxyl anisole) dimana pengunaan antioksidan sintetis ini cukup banyak digunakan di berbagai produk mayones, namun pengunaan antioksidan sintetis ini memiliki kelemahan kurang baik untuk kesehatan tubuh, oleh karenanya perlu ada pengembangan dari pengunaan antioksidan alami pada produk mayones yang salah satunya berasal dari ekstrak daun belimbing wuluh.

“Peningkatan aktivitas antioksidan yang signifikan yaitu sebesar 69,9% dimana hal ini juga diakibatkan oleh tingginya antioksidan IC50 pada ekstrak daun belimbing wuluh sebesar 28,35 ppm,” ungkap Eri.

Baca Juga :  Sagung Antari Jaya Negara Tutup Posyandu Paripurna di Banjar Pande Kelurahan Renon, Upayakan Terus Dukung Layanan Kesehatan bagi Ibu hamil, Lansia Serta Balita

Selain aktivitas antioksidan peningkatan juga terjadi pada total fenol yang memiliki nilai tertinggi 111,27 mg GAE/g. Penelitian yang dilakukan ERI juga telah di presentasikan pada konferensi internasional yaitu The 2nd International Conference on Innovative Agriculture Technology (ICIAT) 2023 dihadapan para peserta dari berbagai negara, bahkan salah satu peserta konferens yang berasal dari Australian Catholic University yaitu Dr. Sharon Croxford tertarik dengan hasil yang disampaikan dan bertanya akan potensi produk ini kedepannya. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News