Maybank Marathon 2023
Sebanyak 13.600 Pelari Ramaikan Penyelenggaraan ‘Elite’ Label Road Race Maybank Marathon 2023. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Ajang lomba ‘Elite’ Label Road Race pertama dan satu-satunya di Indonesia, Maybank Marathon dari PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia), pada Minggu (27/8/2023) digelar dengan lokasi start dan finish di Bali Safari & Marine Park, Gianyar. Sebanyak 13.600 pelari dari 50 negara telah meramaikan penyelenggaraan Maybank Marathon 2023 yang kini menginjak tahun ke-12.

Antusiasme pelari di tiga kategori demikian semarak, khususnya ketika flag-off dilakukan pada pukul 04.30 WITA untuk kategori Marathon, disusul dengan kategori Half Marathon pada pukul 05.30 WITA dan kategori 10K pada pukul 06.00 WITA. Selain itu, flag-off juga dilakukan untuk kategori wheelchair pada pukul 06.15 WITA diikuti sebanyak 50 peserta.

Menjelang siang, panitia Maybank Marathon 2023 mengumumkan pemenang lomba sekaligus melangsungkan penutupan rangkaian ‘Elite’ label road race dari World Athletics, Maybank Marathon 2023 yang dijuluki sebagai ‘lebaran’ para pelari. Tahun ini, Maybank Marathon menyediakan total hadiah sebesar Rp2,7 miliar untuk 86 pemenang, termasuk pemecah rekor.

Acara konferensi pers yang berlangsung di Race Village Bali Safari & Marine Park mengumumkan juara Maybank Marathon 2023. Untuk kategori Marathon Open Male dimenangkan oleh Geoffrey Kiprotich Birgen pelari asal Kenya nomor punggung 10215 dengan catatan waktu terbaik 02:15:04, sedangkan untuk kategori Marathon Open Female dimenangkan oleh Sophy Jepchirchir asal Kenya nomor punggung 22 dengan catatan waktu terbaik 02:31:04.

Baca Juga :  BPR Kanti Gelar Temu Wirasa Pabligbagan ‘BPR Kanti Ngorta Desa Adat’ 

Catatan waktu kedua pelari telah memecahkan rekor di bawah waktu 02:28:00 untuk kategori Marathon Open Male dan 02:33:00 untuk kategori Marathon Open Female. Seluruh juara pertama tersebut menerima hadiah uang tunai masing-masing senilai Rp240.000.000 dengan tambahan bonus untuk pemecah rekor masing-masing Rp33.750.000 dan Rp67.500.000.

Kemudian, untuk kategori Marathon National Male dimenangkan oleh Nurshodiq dengan nomor punggung 21288 dan catatan waktu terbaik 02:30:24, sedangkan untuk kategori Marathon National Female dimenangkan oleh Irma Handayani dengan nomor punggung 21566 dan catatan waktu terbaik 03:01:44. Seluruh juara pertama tersebut menerima hadiah uang tunai masing-masing senilai Rp100.000.000.

Hadiah-hadiah tersebut telah diserahkan secara simbolis oleh Presiden Direktur Maybank Indonesia, Taswin Zakaria.

Taswin yang ikut serta sebagai peserta kategori Half Marathon menyampaikan ungkapan syukur atas suksesnya penyelenggaraan lomba Maybank Marathon 2023, dan turut mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung pelaksanaan event ‘Elite’ label road race Maybank Marathon 2023.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Serahkan Piala Pemenang Kejuaraan Surfing Wali Kota Cup Tahun 2024

“Pada kesempatan ini, kami mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang telah berhasil meraih prestasi dan membawa pulang hadiah dari penyelenggaraan ‘Elite’ label road race Maybank Marathon tahun ini. Harapan kami, prestasi ini dapat menjadi inspirasi para pegiat lari untuk meraih prestasi yang sama di kesempatan selanjutnya,” ujar Taswin.

Dari segi penyelenggaraan, Taswin juga menyampaikan kesan positifnya terhadap antusiasme dari ribuan peserta lari yang sudah bersiap-siap sejak pagi dini hari untuk berlari di running track khas Maybank Marathon 2023. Taswin mengatakan, penyelenggaraan Maybank Marathon bukan semata karena jumlah peserta yang lebih banyak, tetapi faktor keamanan dan kenyamanan peserta saat berlari juga menjadi hal yang utama.

Taswin juga mengutarakan tentang pentingnya untuk Maybank Indonesia terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan Maybank Marathon oleh karena ajang ini telah memasuki jajaran ajang lomba ‘Elite’ label road race dari World Athletics. Hal ini telah menempatkan ajang Maybank Marathon maupun Indonesia ke dalam kancah olahraga atletik dunia, khususnya untuk cabang olahraga lari maraton.

“Mewakili seluruh panitia Maybank Marathon 2023, kami mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang telah mengikuti lomba dengan tertib, dan kepada para petugas di lapangan mulai dari tim pengamanan, medis, pacers, dan marshals yang terus berjaga di sepanjang rute. Selain itu, keterlibatan masyarakat sekitar yang terus-menerus menyemangati para pelari di sepanjang rute Maybank Marathon 2023 juga membuat suasana lomba menjadi lebih semarak,” jelas Taswin.

Baca Juga :  Crosser Astra Honda Tuntaskan Perjuangan di MXGP Lombok

Penyelenggaraan Maybank Marathon 2023 mendapatkan dukungan dari berbagai elemen termasuk, Pemerintah Provinsi Bali, Kepolisian Daerah Provinsi Bali, Palang Merah Indonesia Provinsi Bali, Pemerintah Kabupaten Gianyar, Kodim 1616 Gianyar, Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI), sponsor, dan media partner.

Adapun sponsor yang mendukung penyelenggaraan Maybank Marathon 2023 yaitu, Aqua, Bali Safari & Marine Park, Etiqa, New Balance, Pocari Sweat, BMW, Herbalife, Extra Joss, Kahf, Rexona, Garmin, Traveloka, Bali Island School, Indofood Ice Cream, Taman Bhagawan, Bali Hai, YAMAtune, Atlas, Optik Tunggal, Rintis, Fitbar, Salonpas, Rejuve, Biznet, Gambino, Shokz, Cardea, Salomon, Plataran, Ibis Bali Benoa, Prama, dan RS Kasih Ibu.

Selain itu, Maybank Marathon 2023 juga didukung oleh media partner yakni Metro TV, Jawa Pos, Tribunnews, Gatra, Kumparan, The Jakarta Post, Tempo, dan dukungan pemberitaan dari berbagai media ternama lainnya di Indonesia.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News